Beragam Masalah Bila Memakai Perekat Ubin Sembarangan

Ubin di ruangan (Foto:Freepik)

KBRN, Jakarta: Ubin merupakan salah satu jenis lantai yang paling umum digunakan oleh masyarakat Indonesia. Lantai ubin merupakan jenis lantai yang mudah dibersihkan dan dirawat. Selain itu, lantai ubin dapat tetap dingin dan sejuk apabila cuaca sedang panas.

Meski sejuk, mudah dibersihkan, dan harganya cenderung murah, lantai ubin dapat mengalami beberapa masalah apabila dipasang dengan produk perekat ubin yang sembarangan. Perekat ubin menjadi hal vital dalam memaksimalkan manfaat lantai ubin untuk hunian Anda.

Jangan sembarangan memilih perekat ubin untuk menghindari masalah-masalah ini:

1. Keretakan pada ubin

Keretakan pada ubin dapat terjadi apabila beban di atas permukaan ubin melebihi kekuatan beban ubin, terlebih lagi, apabila pada pemasangannya terdapat kesalahan pencampuran bahan perekat ubin. Selain itu, ubin yang retak juga dapat disebabkan oleh pemasangan ubin yang tidak tepat atau pada saat perekat ubin belum kering, ubin sudah digunakan.  

2. Ubin pecah atau popping

Ubin yang pecah atau popping disebabkan oleh terjadinya pergerakan struktur bangunan atau terjadi perbedaan suhu (thermal expansion) antara ubin dan lapisan di bawahnya. Hal ini dapat dihindari apabila ubin dipasang setelah keadaan pondasi stabil dan menggunakan perekat ubin berkualitas tinggi.  

3. Lantai ubin rembes air

Lantai yang rembes air merupakan masalah yang paling umum ditemukan. Lantai rembes air diakibatkan oleh tidak benarnya pemasangan waterproofing pada saat pemasangan ubin. Maka dari itu, perekat ubin harus diberikan waterproofing agar air tidak rembes melalui lantai ubin. 

4. Ubin lepas

Ubin yang lepas disebabkan oleh kesalahan pencampuran bahan perekat ubin dengan bahan adukan lainnya. Perekat ubin dengan kualitas tinggi akan memberikan daya lekat yang tinggi sehingga resiko ubin lepas dapat diminimalisir. Selain itu, agar ubin dapat merekat sempurna, ubin perlu untuk direndam dahulu di dalam air.

5. Nat lantai kotor 

Nat lantai yang kotor dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Apabila pada saat pemasangan ubin dilakukan grouting, nat lantai yang kotor disebabkan karena permukaan tidak dibersihkan kembali. Selain itu, kesalahan pada saat pengisian nat sehingga terdapat celah merupakan faktor lain yang dapat menumpuk kotoran pada nat lantai. 

6. Muncul bercak pada ubin

Bercak pada ubin dapat muncul akibat efflorescence yang berada pada permukaan ubin atau lapisan di bawahnya. Efflorescence adalah noda seperti bubuk putih yang naik ke permukaan keramik dikarenakan air pada garam yang larut ketika air menguap. Efflorescence dan bercak ubin mungkin terjadi apabila pemasangan ubin tidak membersihkan permukaan ubin terlebih dahulu. 

Masalah-masalah yang mungkin muncul pada lantai ubin dapat dicegah apabila Anda menggunakan perekat ubin dengan kualitas terbaik. Selain produk perekat ubin berkualitas tinggi, pemasangan ubin juha harus dilakukan dengan benar. Jika ubin sudah rusak, tentu biaya untuk memperbaiki akan lebih besar, bukan?

Untuk itu, Mapei, perusahaan bahan pendukung untuk material bangunan dari Italia, menawarkan produk-produk perekat ubin berkualitas tinggi dan juga menyediakan layanan konsultasi dan solusi untuk menjawab permasalahan lantai Anda.

Perekat ubin yang tidak tepat, atau bahkan tidak memiliki standard memang tetap akan menempel, namun tidak ada yang tahu berapa lama perekat tersebut dapat bertahan. Kesalahan pemilihan perekat ubin nantinya akan menimbulkan masalah-masalah dalam penggunaan sehari-hari, seperti keramik popping atau mengangkat, atau bahkan efflorescence yang bekasnya sulit untuk dibersihkan.

Maka dari itu kami selalu merekomendasikan perekat yang tepat dan sesuai dengan jenis material serta ukuran ubin yang akan dipasang. Misalnya, Mapeset 222 untuk keramik/granit ukuran 60x60 ke bawah dan Keraflex Maxi S1 untuk ubin ukuran diatas 60x60" - Satria Rachmadi, Technical Engineer Mapei Indonesia.

Tentang Mapei Indonesia

Mapei didirikan pada tahun 1937 di Milan, Italia. Saat ini, Mapei merupakan salah satu produsen material bangunan terbesar di dunia. Material industri bangunan yang diproduksi oleh Mapei seperti produk anti air, perekat ubin, pengisi nat, sealant, epoxy, bahan tambahan untuk beton, produk untuk konstruksi bawah tanah dan perkuatan struktur, serta produk lainnya yang berjumlah tidak kurang dari 5.500 macam produk.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar