Ketahui Manfaat Yoga untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

Kegiatan Komunitas Yoga di Indonesia. (Foto: Dok. Antara)

KBRN, Padang: Kalau kamu termasuk seseorang yang kerap mengalami insomnia atau mungkin sulit mendapatkan tidur berkualitas, coba deh mulai sekarang masukkan latihan yoga ke dalam rutinitas malam harimu.

Pasalnya, yoga dinilai dapat meningkatkan kualitas dan durasi tidur, lho.

Memang ada banyak jenis yoga yang bisa kamu coba, tetapi tidak semua jenis yoga memiliki manfaat yang sama untuk meningkatkan kualitas tidur, ya.

Nah, di bawah ini adalah beberapa jenis yoga yang paling cocok untuk kamu lakukan sebelum tidur:

1. Pose bridge

Pose bridge adalah salah satu pose yoga yang mudah untuk kamu coba sebelum tidur.

Selain meningkatkan kualitas tidur, pose bridge juga bermanfaat untuk melatih otot perut, pinggul, paha belakang, dan bokong.

Di bawah ini adalah cara melakukan pose bridge:

Berbaring telentang dengan kaki rapat.

Letakkan kedua lengan di samping tubuh.

Tekuk lutut dan luruskan punggung.

Kencangkan otot perut dan bokong.

Angkat pinggul hingga menjadi satu garis lurus dengan lutut dan bahu.

Tahan posisi selama 5–10 detik sambil atur napas dengan perlahan.

Turunkan pinggul ke posisi awal.

2. Pose legs up the wall

Pose legs up the wall juga merupakan salah satu yoga yang dapat kamu coba sebelum tidur.

Tidak hanya membuat tidurmu lebih nyenyak, pose ini juga bisa mengurangi rasa lelah dan pegal pada kaki setelah seharian beraktivitas.

Cara melakukannya adalah:

Berbaring telentang menghadap ke dinding dengan lutut ditekuk.

Posisikan bokong hingga sedekat mungkin ke dinding.

Angkat kaki ke dinding.

Angkat pinggul, kemudian letakkan bantal di bawah punggung.

Atur pernapasan secara perlahan.

Tahan posisi selama 2–3 menit.

3. Pose corpse

Pose corpse bisa kamu lakukan pada akhir latihan yoga di malam hari, sebagai meditasi.

Untuk melakukan pose ini, kamu cukup berbaring telentang dengan kaki terbuka dan telapak tangan menghadap ke atas.

Kemudian, atur napas secara perlahan dan rasakan setiap tarikannya, hingga kamu benar-benar merasa rileks dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Nah, yang perlu diingat, manfaat yoga untuk meningkatkan kualitas tidur baru bisa kamu peroleh secara maksimal apabila kamu melakukannya dengan rutin dan konsisten, ya.

Selain melakukan yoga, kamu juga bisa melakukan cara lainnya untuk membantu meningkatkan kualitas tidur, seperti mengurangi konsumsi kafein, menentukan waktu tidur yang sama setiap malamnya, dan mandi air hangat sebelum tidur.

Selamat mencoba....

Sumber : Alodokter

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar