10 Tradisi Imlek di Berbagai Belahan Dunia

Foto: Brava Radio

KBRN, Jakarta: Imlek merupakan salah satu perayaan besar Tahun Baru China yang dirayakan oleh masyarakat etnis Tionghoa atau Tiongkok. 

Ragam kegiatan diselenggarakan dalam menyambut Imlek seperti membagikan angpao, berdoa sambil mengelilingi klenteng, hingga makan malam bersama keluarga.

Tapi, tahukah Anda jika tradisi Imlek berbeda di seluruh dunia? Ya, masing-masing negara memiliki caranya tersendiri dalam merayakan Imlek. Wah, seperti apa ya keseruan perayaan Imlek di seluruh dunia? Berikut ini tradisi Imlek paling unik dan aneh yang di berbagai negara.

1. Malaysia: Memberikan Buah Nanas

Dalam tradisi Imlek di Malaysia, buah nanas melambangkan keberuntungan dan kebahagiaan. Sehingga, banyak orang memberikan buah nanas ini sebagai hadiah saat Imlek. Tradisi ini diketahui telah dilakukan oleh masyarakat Malaysia keturunan Tiongkok cerita turun temurun.

2. Amerika Serikat: Miss Chinatown, San Francisco

Jika biasanya Imlek diiringi dengan ragam tradisi kekeluargaan seperti makan malam, membagikan makanan, hingga memberikan hadiah untuk orang terdekat, maka berbeda dengan tradisi Imlek di Amerika Serikat.

Mereka menggelar kontes kecantikan 'Miss Chinatown'. Sesuai namanya, gelaran ini diselenggarakan khusus untuk para keturunan Tiongkok di Amerika Serikat. Selain itu, ada pula pesta kembang api, barongsai, hingga warga mengenakan berbagai kostum khas Tiongkok dalam acara tersebut.

3. Indonesia: Melepaskan Burung Pipit

Nah, di Indonesia, tradisi Imlek juga tak kalah seru! Selain diiringi dengan kegiatan berdoa bersama di klenteng, selanjutnya dilakukan pelepasan burung pipit. Tradisi ini dikenal dengan sebutan Feng Sheng. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh pengurus atau perwakilan kelenteng. Masyarakat Indonesia keturunan Tiongkok ini percaya bahwa melepaskan burung pipit saat Imlek akan memberikan banyak kebaikan dan balasan yang baik.

4. Tiongkok: Menyewa Pacar

Di Tiongkok, tahun baru Imlek digunakan sebagai kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga, saudara, dan teman-teman. Sama halnya dengan kegiatan keluarga lainnya yang diisi dengan makan malam dan ngobrol-ngobrol bersama, di Tiongkok juga demikian. Tapi, lantaran kebiasaan warga Tiongkok yang sering menanyakan tentang pasangan di hari Imlek, hal ini membuat sebagian jomblowan di sana merasa minder. Untuk mengatasi hal tersebut, mereka mengajak teman, sahabat, hingga menyewa pacar palsu untuk menemaninya ke acara keluarga.

5. Korea Selatan: Seollal

Sementara itu, di Korea Selatan tahun baru Imlek dikenal dengan istilah Seollal atau Tahun Baru Korea. Perayaan ini dilakukan secara meriah dan bahkan pemerintah meliburkan sekolah juga perkantoran selama tiga hari untuk perayaan tersebut. dalam Seollal, tamu yang berdatangan ke rumah akan disajikan makanan. Namun, bagi orang dewasa maupun orang tua diberikan minuman keras dan anak-anak pun mendapatkan angpao, kue, juga buah-buahan.

6. Vietnam: Saling Berkunjung

Tahun baru Imlek dikenal sebagai Tet Nguyen Dan atau Tet. Ketika Imlek, para keturunan Tiongkok akan mengundang sahabat dan keluarga agar berkunjung ke rumah. Nah, dalam tradisi, orang atau tamu pertama yang datang maka ia dianggap sebagai pembawa keberuntungan untuk tuan rumah. Selain itu, kegiatan lain yang dilakukan ialah menghias pohon Tet yang melambangkan kemakmuran juga keberuntungan.

7. Filipina: Tikoy

Di Filipina tahun baru Imlek dikenal dengan sebutan Tsinoy. Mirip seperti di Indonesia, saat Imlek masyarakat Filipina menyantap kue keranjang atau Tikoy. Tak hanya itu, mereka yang merayakan Imlek akan menggantung 8 jenis buah-buahan di dalam rumahnya untuk mendatangkan keberuntungan.

8. Taiwan: Melepaskan Lampion

Taiwan merupakan salah satu provinsi di China yang lokasinya berdekatan dengan provinsi Fujian. Pada perayaan Imlek, masyarakat akan menggelar doa bersama dan mengucapkan puji-pujian untuk Dewa Bumi. Selain itu, dalam momen ini, para pemilik usaha akan memberikan bingkisan kepada pegawainya sebagai bentuk terima kasih. Tak hanya itu, Imlek juga diisi dengan melepaskan lampion ke udara secara bersamaan. Dalam setiap lampion, masyarakat akan menuliskan permohonan mereka lalu melepasnya dan berharap dapat terkabul di tahun baru tersebut.

9. Hongkong: Membeli Bunga

Berbeda di negara-negara lain yang merayakan tahun baru Imlek hanya sehari hingga tiga hari, maka di Hongkong tahun baru Imlek dirayakan selama 14 hari Ada berbagai jenis kegiatan yang diselenggarakan. Namun, yang tak mungkin terlewat ialah kebiasaan masyarakat Hongkong membeli berbagai jenis bunga untuk mendatangkan keberuntungan.

Selain itu, di malam tahun baru, masyarakat akan mengadakan makan malam bersama keluarga, lalu diikuti dengan tradisi membeli bunga di pasar. Beberapa bunga seperti anggrek, lily, mawar, krisan, geranium atau hydrangea adalah jenis bunga terlaris.

10. Singapura: YU Sheng

Sebanyak 70% masyarakat Singapura merupakan keturunan Tiongkok. Sehingga pada saat tahun baru Imlek, digunakan sebagai momen spesial untuk berkumpul bersama keluarga. Salah satu tradisi Imlek yang hingga kini masih terus dilakukan ialah Yu Sheng. Ini merupakan makanan khas Imlek yang terbuat dari salad sayur dan daging kemudian dihidangkan di tengah meja makan bundar. Para tamu yang terdiri dari teman dan keluarga akan mengelilingi meja lalu menyantapnya dengan sumpit sambil mengucapkan doa dan harapan.

Itulah 10 tradisi Imlek yang unik dan berbeda di berbagai belahan dunia. Merayakan Imlek tentu terasa kurang jika tak memberikan hadiah atau membeli pakaian baru agar tampil maksimal. Anda bisa melengkapi gaya berbusana atau membelikan hadiah di salah satu e-commerce terpercaya yakni Blibli. Selain aman, terpercaya, ada banyak promo yang dapat digunakan, lho!

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar