Viral Spirit Doll, Begini Asal-usul dan Harganya

Ilustrasi spirit doll ( foto: istimewa)

KBRN, Jakarta: Spirit doll sedang menjadi perbincangan di sejumlah kalangan selebriti Indonesia belakangan ini.

Bermula dari pengadopsian boneka yang dilakukan oleh Ivan Gunawan, Ruben Onsu, Lucinta Luna, Celine Evangelista, Wendy Walters.

Bahkan, spirit doll diperlakukan selayaknya seorang bayi yang diberikan pakaian yang layak, serta perlakuan lainnya.

Siapa sangka? Spirit doll atau dikenal dengan boneka arwah ini, ternyata memiliki harga yang menakjubkan. Kira-kira berapa harga dan asal-usul dari boneka yang banyak diadopsi oleh selebriti ternama Indonesia tersebut?

Fenomena spirit doll bermula dari negara Thailand pada 2016. di mana pada saat itu orang-orang disana mulai mengadopsi boneka arwah tersebut yang diyakini memiliki ‘kekuatan’.

Bahkan, boneka arwah atau spirit doll ini juga memiliki  sebutan yakni 'luk thep' yang berarti malaikat anak. Mereka yang mengadopsi pada saat itu percaya bahwa boneka ini membawa keberuntungan.

Tidak heran jika boneka ini dimanjakan oleh pemiliknya seolah-olah anaknya sendiri. Selain dimanjakan, biasanya setelah membeli spirit doll ini, pemiliknya akan membawanya ke seorang biksu untuk dibacakan doa.

Nantinya, doa tersebut dimaksudkan untuk mendatangkan keberuntungan. Namun ada juga yang menganggap doa ini untuk mengundang arwah masuk ke spirit doll tersebut.

Di Thailand sendiri keberadaan spirit doll ini sudah sangat ‘eksis’. Terbukti boneka arwah tersebut bisa mendapatkan kursi sendiri baik di restoran hingga di penerbangan.

Bahkan mereka juga diberikan makanan dan minuman serta dibawa saat berbelanja seperti layaknya anak kecil pada umumnya.

Sementara itu, spirit doll dijual dengan harga yang bervariasi. Mulai dari yang termurah sekitar Rp500 ribu hingga yang termahal sekitar Rp63 juta.

Penelusuran RRI, Rabu (5/1/2022)e-commerce Indonesia, seperti Bukalapak dan Tokopedia, boneka spirit doll dijual mulai Rp595 ribu hingga Rp3,6 juta.

Perlu diketahui bahwa belakangan, spirit doll digunakan sebagai metode penyembuhan atau healing. 

Proses penyembuhan ini dilakukan dengan membuat sendiri spirit doll sesuai dengan keinginan. Proses pembuatan dan merawat boneka ini diyakini dapat menyembuhkan batin seseorang.

Boneka ini sering diletakkan di altar, atau terkadang menjadi objek pengabdian. Boneka arwah dapat berupa patung tokoh suci, leluhur, malaikat, dewa dan dewi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar