Cara Menghilangkan Kantuk di Pagi Hari

KBRN, Samarinda: Pagi adalah waktu produktif beraktivitas, ketika muncul rasa kantuk di pagi tentu akan mengganggu performa.

Jika kantuk terjadi sesekali, bukan karena penyakit tertentu, tidak perlu  dikhawatirkan.

Namun jika terjadi terus menerus  tentu akan mengganggu konsentrasi dan performa Anda. Melansir Alodokter berikut beberapa cara menghilangkan kantuk di pagi hari.

1. Minum air putih saat bangun tidur

Saat bangun tidur, cobalah minum 1–2 gelas air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama Anda tidur. Dengan tercukupinya kebutuhan cairan tubuh, Anda akan merasa lebih segar sekaligus terhindar dari risiko dehidrasi.

2. Lakukan olahraga secara teratur

Salah satu penyebab sering mengantuk di pagi hari adalah kebiasaan jarang berolahraga. Nah, jika Anda kurang berolahraga dan merasa kurang berenergi, cobalah untuk mulai lebih sering berolahraga.

Agar tubuh tetap sehat dan bugar, usahakan untuk berolahraga secara rutin selama 30 menit setiap hari atau minimal 3 kali seminggu.

3. Rutin sarapan

Dengan rutin sarapan, kebutuhan energi dan nutrisi tubuh akan terpenuhi sehingga Anda lebih siap untuk beraktivitas. Oleh karena itu, cobalah membiasakan diri untuk rutin sarapan, terutama bagi Anda yang sering melawatkannya.

Jika Anda hendak berolahraga di pagi hari, lakukan sarapan setelah berolahraga untuk membakar lebih banyak kalori, meningkatkan metabolisme, dan menghindari kondisi perut tidak nyaman saat berolahraga.

4. Konsumsi makanan bergizi tinggi

Ngantuk merupakan tanda bahwa tubuh sedang lelah atau kekurangan energi. Untuk menghilangkan ngantuk di pagi hari, konsumsilah makanan yang mengandung protein, karbohidrat, lemak, dan aneka vitamin serta mineral.

5. Kurangi konsumsi kafein

Kafein memang bisa membuat Anda lebih terjaga dan berenergi. Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, kaferin justru bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih cepat lelah dan mudah mengantuk.

Oleh karena itu, Anda perlu membatasi konsumsi kafein agar tidak menimbulkan keluhan sering mengantuk di pagi hari.Sebaiknya gunakan cangkir kecil saat menikmati minuman berkafein. 

6. Nikmatilah sinar matahari pagi

Sinar matahari pagi dapat meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh yang dipercaya mampu memperbaiki kualitas tidur. Saat kualitas tidur membaik, bangun tidur akan terasa lebih segar dan tentunya mencegah ngantuk di pagi hari.

Usahakan untuk berjemur selama 5–15 menit setiap harinya sebelum pukul 10 pagi.

7. Terapkan kebiasaan tidur yang baik

Kebiasaan tidur sesungguhnya menjadi hal utama yang harus Anda cermati saat ingin menghilangkan ngantuk di pagi hari. Jika Anda tetap memaksakan diri untuk terjaga sepanjang malam, tentunya ngantuk di pagi hari akan sulit dihilangkan.

Mematikan layar gawai dan peralatan elektronik satu jam sebelum tidur. Membuat kamar tidur terasa nyaman dan tenang. Mengatur siklus tidur dan bangun (ritme sirkadian), dengan bangun dan tidur di waktu yang sama

8. Berhenti merokok

Perokok biasanya memiliki kualitas tidur yang buruk karena nikotin yang terkandung dalam rokok dapat mengganggu siklus tidur dan bangun. Siklus yang terganggu ini akan membuat Anda mudah ngantuk di pagi hari. Oleh karena itu, mulailah berhenti merokok secara perlahan dan rasakan manfaatnya pada tubuh Anda.

9. Kurangi stres

Kelelahan dapat disebabkan oleh tingkat stres yang tinggi. Saat tubuh kelelahan, ada beragam masalah tidur yang dapat menyerang, misalnya insomnia. Hal ini akan memperburuk kualitas tidur dan menimbulkan ngantuk di pagi hari.

Dengan mengurangi stres, kualitas tidur akan menjadi lebih baik dan Anda pun akan merasa lebih bersemangat serta penuh energi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar