Adidas Akui Wayang Kulit Asli Indonesia 

Foto: ist

KBRN, Jakarta: Adidas meminta maaf dalam unggahan story terbarunya @adidassg usai mengungkapkan wayang kulit dari Malaysia. 

"Terima kasih sudah menghubungi kami. Sementara wayang kulit adalah bagian penting dalam warisan budaya Malaysia, kami seharusnya menyoroti (bahwa Wayang Kulit) asli dari Indonesia dalam unggahan kami. Kami sungguh meminta maaf karena ketidaksengajaan (untintentional offence) yang sudah terjadi, dan sekarang kami mengubah unggahan kami," tulisnya di Insta Story seperti yang dilihat, Selasa (16/11/2021). 

Selain meminta maaf dan mengakui bahwa wayang kulit adalah asli Indonesia, brand sepatu olahraga tersebut dan juga artist pembuat desain sepatu tersebut tidak bermaksud mengklaim karya seni dari Indonesia.

"Untuk menghindari kerancuan, baik brand atau artist tidak mengklaim karya seni dari Indonesia."

Adidas juga mengakui bahwa mereka sudah memperbaiki unggahan di laman instagramnya dengan menambahkan Indonesia sebagai negara asal warisan budaya wayang kulit. 

"Originating from Indonesia, Wayang Kulit has inspired other parts of Southeast Asia," tulis @adidassg dalam unggahan terbarunya.

Mengutip UNESCO, pertunjukan wayang kulit memang telah diakui sebagai warisan budaya tak benda dari Pulau Jawa, Indonesia pada 2003.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00