PRT Sosok Pahlawan yang Jarang Dilirik

KBRN, Bandung: Hari ini 10 November menjadi momen bersejarah bagi para pahlawan Indonesia yang telah berjasa dan berjuang untuk negara.

Namun, kini makna dari pahlawan itu sendiri seolah meluas tidak hanya tentang pahlawan negara. 

Banyak sosok yang akhirnya bisa menjadi pahlawan dalam kehidupan kita, terkecuali kehadiran para pegawai atau juga Pekerja Rumah Tangga (PRT).

Sayangnya,  sosok PRT seolah kurang menjadi sorotan dalam kehidupan rumah tangga padahal perannya sangat penting bagi kehidupan keluarga yang harmonis. 

Menurut Fahmy Ramadhan, CEO & Co-founder dari YourPartner yakni salah satu perusahaan yang menyediakan jasa PRT,  menyadari bahwa peran PRT sangat penting untuk menjaga keharmonisan keluarga.

 “PRT memiliki tugas yang sangat mulia, layaknya seorang pahlawan yang berkorban untuk Negara, PRT juga mendedikasikan waktu dan tenaganya untuk menjaga rumah dan seisinya serta meringankan pekerjaan di rumah sehingga keluarga bisa punya waktu lebih banyak untuk mengurusi hal penting lainnya seperti pekerjaan, quality time dengan keluarga dan bahkan diri sendiri,” ujar Fahmy kepada wartawan, Rabu (10/11/2021). 

Menurutnya, dengan peran PRT yang senantiasa ada untuk keluarga, sudah sepantasnya mereka diberikan apresiasi dengan baik. Disadari atau tidak, kehadiran PRT membuat keluarga memiliki waktu luang yang lebih untuk bersama - sama sehingga tercipta harmonisasi dalam keluarga karena beban pekerjaannya lebih ringan.

“Beberapa klien kami menyampaikan bahwa kehadiran PRT sangat membantu urusan domestik rumah tangga. Kehadiran PRT sangat berjasa karena membuat kualitas hidup mereka bisa meningkat karena di rumah tenang ada yang membantu,” katanya.

Akan tetapi pada kenyataannya, sambung Fahmy,  peran PRT saat ini masih kurang tersorot. Pasalnya, tidak sedikit orang yang memandang sebelah mata atas tugas yang diemban.

"Banyak yang beranggapan bahwa tugasnya mudah dan semua orang bisa melakukannya. Namun kenyataannya saat PRT tidak ada  di masyarakat, hampir semua orang menjadi panik, bingung, kalang kabut karena beban pekerjaannya menjadi lebih berat," paparnya. 

Selain itu, bebernya, tanggung jawab PRT tidak semudah yang dipikirkan kebanyakan orang. Fahmy menuturkan, dengan tanggung jawab yang cukup besar, tidak banyak yang menyadari bahwa diperlukan lebih dari hard skill agar pekerjaan selesai dengan maksimal. Untuk menjadi PRT yang baik, PRT juga memerlukan pendampingan serta pembekalan soft skill agar dipercaya oleh keluarga.

“Bagi kami PRT bukan hanya sekedar Pekerja Rumah Tangga. Dengan tanggung jawab serta kontribusinya di dalam masyarakat, mereka layak diapresiasi dengan baik dan kita sebut Pahlawan Rumah Tangga," katanya.

Untuk itu, YourPartner sendiri sadar bahwa dipandang perlu untuk mengapresiasi kinerja dan jasa para Pahlawan Rumah Tangga.

“Para pahlawan sudah seharusnya kita apresiasi termasuk Pahlawan Rumah Tangga. Bertepatan dengan bulan November yang identik dengan hari pahlawan, YourPartner akan melakukan apresiasi kepada para Pahlawan Rumah Tangga yang sudah berjuang demi keharmonisan keluarga.” tuturnya.

Apresiasi dalam bentuk apapun akan sangat berarti bagi PRT. Hal ini diungkapkan Widaningrum salah satu PRT mitra YourPartner yang telah menjalani profesi sebagai PRT selama  9 tahun.

“Saya sudah 9 tahun menjadi PRT. Kadang saya merasa tidak bangga dengan pekerjaan ini, walaupun sudah bekerja sepenuh hati. Tapi baru kali ini saya merasa bangga dengan profesi ini, apalagi di YourPartner banyak diberikan motivasi, pelatihan dan pendampingan sehingga saya percaya diri. Penghargaan atau apresiasi seperti ini sudah cukup dan harapannya tidak ada lagi yang memandang profesi kami sebelah mata,” tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00