Tips Atur Keuangan Pasca Lebaran

Ilustrasi (foto:istimewa)

KBRN, Jakarta: Setelah merayakan hari kemenangan seperti Idul Fitri, tentu kebanyakkan orang bermasalah dengan keuangannya. 

Setiap orang memiliki caranya sendiri dalam mengatur keuangannya dan belum tentu berhasil jika mengikuti cara orang lain.

Lalu bagaimana cara mengatur keuangan yang baik setelah lebaran tiba, berikut tipsnya:

1. Lihat Pengeluaran dan Atur Kembali

Pemeriksaan catatan pengeluaran dilakukan pada saat selama Lebaran dan setelah Lebaran. 

Harus dipastikan bahwa pos mana saja yang menyebabkan pengeluaran sangat banyak saat Lebaran, sehingga bisa mengalokasikan dana untuk mengisi kembali kekosongan uang pada dana yang secara tidak sengaja terpakai.

Hasil catatan ini bisa dijadikan acuan untuk menghadapi momen Lebaran tahun depan, guna mempersiapkan rancangan dana yang harus disediakan saat lebaran, agar setelah Lebaran tidak mengalami kesulitan keuangan.

2. Buat Prioritas Kebutuhan Utama

Setelah semua pos-pos perincian pengeluaran dirinci, selanjutnya mengurutkannya sesuai dengan prioritas kebutuhan yang utama.

Untuk kebutuhan yang bisa dibilang bersifat tersier, untuk sementara dihilangkan terlebih dahulu, guna memenuhi kebutuhan utama harian dan pembayaran iuran wajib bulanan.

Jadi dana-dana yang akan digunakan untuk pos yang kurang penting bisa dialihkan dulu sepenuhnya ke hal-hal yang lebih utama.

3. Lunasi Utang

Jika pada saat Lebaran seseorang menggunakan kartu kredit untuk alternatif pembayaran, maka hal penting berikutnya yang harus segera dilakukan adalah membayar tagihan utang kartu kredit.

Untuk pembayaran utang harus memperhatikan kebutuhan pokok, agar keduanya berjalan seimbang.

Membayar utang sesuai dengan kemampuan harus dilakukan dengan konsisten untuk membantu pemulihan kondisi finansial pasca Lebaran.

4. Batasi Pengeluaran Harian

Membatasi pengeluaran harian contohnya bisa dilakukan dengan membuat rincian daftar belanjaan sesuai dengan kebutuhan.

Hindari untuk membeli makanan di luar karena bisa dibilang cukup boros. Apabila bekerja, masakan rumah bisa digunakan untuk bekal makan siang juga.

5. Mulai Menabung Kembali

Lebaran memang sangat terkenal sebagai momen yang cukup menguras kondisi keuangan.

Oleh karenanya harus segera dilakukan pembenahan lagi pada sektor tabungan agar segera terisi kembali sebagai alternatif cara pemulihannya.

Dengan membatasi pengeluaran, harapannya seseorang mampu menyisihkan uangnya untuk mengisi kembali tabungan yang terpakai saat lebaran.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00