Warganet Peringati Kelahiran Sang Proklamator Ir. Soekarno

Ir Soekarno. (Foto: Okezone)

KBRN, Jakarta: Sejumlah warganet memperingati kelahiran Presiden Pertama RI, sang proklamator dan juga bapak bangsa Indonesia, Ir. Soekarno yang lahir 6 Juni 1901 atau merupakan peringatan 119 tahun kelahirannya. Tanda pagar #soekarno menjadi trending topic di jagad media sosial Twitter.

"Happy Birthday Bung Karno. “Perjuanganku Lebih Mudah karena Melawan Panjajah. Tapi Perjuangan Kalian akan Lebih Berat, karena Melawan Saudara Sendiri," tulis akun @Bil_lubis, Sabtu (6/6/2020).

"Negeri ini, Republik Indonesia, bukanlah milik suatu golongan, bukan milik suatu agama, bukan milik suatu kelompok etnis, bukan juga milik suatu adat-istiadat tertentu, tapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke! Ir. Sukarno #soekarno #PancasilaSakti #KitaSemuaBersaudara," tulis @KhaidirHasib.

Sementara itu, PDI Perjuangan partai yang dipimpin anak Ir. Soekarno, Megawati Soekarnoputri turut memperingati hari kelahiran sang putra fajar tersebut.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristianto mengatakan Bung Karno tidak hanya meletakkan sebuah dasar yang membuat Indonesia bersatu yaitu Pancasila sebagai jiwa dan pandangan hidup bangsa Indonesia.

"Yang kalau diperas menjadi semangat gotong royong, karena semangat gotong royong itulah maka kita mampu menghadapi ujian sejarah," kata Hasto dalam pesan videonya di akun Instagramnya.

Menurutnya Bung Karno mengajarkan untuk mewariskan api perjuangannya. Untuk itu, ia mengajak kepada kaum muda Indonesia untuk bersama-sama untuk merenungkan perjuangan Bung Karno tersebut.

"Dengan Pancasila, Bung Karno bercita-cita membangun persaudaraan dunia karena apa? Karena kemanusiaan yang adil dan beradab yang mengandung sebuah tekad bagaimana kemerdekaan kita membebaskan bangsa Indonesia dari  belenggu penjajahan. Bagaimana keluar cita-cita kemanusiaan membangun sebuah tekad bahwa Indonesia adalah taman sarinya dunia," terangnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00