Aktor Senior Henky Solaiman Meninggal Dunia

KBRN, Jakarta: Aktor senior Henky Solaiman dikabarkan meninggal dunia, sebagaimana disampaikan melalui salah seorang penyanyi Vonny Cornellya di akun twitternya. 

"Selamat jalan Om Henky Solaiman. Semoga dilapangkan jalanmu menuju surgaNya. Terimakasih atas karya2mu dan selalu menjadi inspirasi utk kita semua. Semoga keluarga & kerabat yg ditinggalkan jg diberi ketabahan. Rest In Peace and Love, Om," tulis Vonny di akun twitternya, Jumat (15/5/2020).

Ungkapan duka cita atas kepergian Henky juga disampaikan pengamat politik Yunarto Wijaya. 

"RIP Om Henky Solaiman," tulis Yunarto. 

Dikabarkan, aktor senior Henky Solaiman meninggal dunia Jumat (15/5/2020) sore pukul 16:40 WIB. Sebelumnya, ia diketahui mengidap kanker usus.

Dikutip wikipedia, Henky Solaiman bernama asli Ong Han Kie ini lahir 30 Agustus 1941 di Kota Bandung, Jawa Barat. Meninggal dunia dalam umur 78 tahun. Ia adalah aktor sekaligus sutradara, memiliki seorang anak yakni Verdi Solaiman. 

Henky belajar di Akademi Theater Nasional Indonesia di Yogyakarta yang kini telah bubar. Di sini ia berjumpa dengan teman-temannya yang kelak menjadi rekan kerjanya seperti Teguh Karya, Wahab Abdi, Pietradjaja Burnama, dan lainnya.

Ketika Teater Populer HI dibentuk, Henky pun ikut terlibat aktif di dalamnya. Setelah Teguh Karya dan banyak seniman teater lainnya mulai terjun ke dunia layar perak, Henky pun beralih dari dunia teater. 

Di dunia televisi, Henky terkenal sukses dengan komedi situasinya, Keluarga Van Danoe. 

(foto: kapanlagi.com)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00