Selamat Jalan Jenderal Joksan

KBRN, Jakarta: Sejumlah tokoh berduka atas meninggalnya Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso pada hari Minggu pagi (10/5/2020) pukul 06.30 Wib di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, karena Sakit. 

"Selamat Jalan Jenderal JOKSAN (begitu Saya biasa memanggil) menghadap ke haribaan Allah SWT : Semoga husnul khotimah dan diterima semua amal ibadahnya || Jakarta 10 Mei 2020/ 17 Ramadhan 1441," tulis Ferry Mursidan Baldan mantan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional di akun Instagramnya, Minggu (10/5/2020).

"Mantan Panglima TNI Jendral (Purn)H Djoko Santoso, yg juga Ketua Dewan Pembina IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji se Indonesia), wafat. Kami ikut berduka. InnaaliLlah... smoga Allah karuniakan husnul khatimah dan alJannah. Lahu alFatihah,"tulis Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid di akun Twitternya. 

Ungkapan serupa disampaikan Juru Bicara Menteri Pertahanan, Dahnil Anzar Simanjuntak. 

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. 

Selamat jalan, Ayahanda kami, Jenderal tempur nan ikhlas dan pejuang sejati, Jenderal (Purn) Djoko Santoso. InsyaaAllah beliau husnul khotimah,"tulis Dahnil di akun Twitternya. 

Djoko Santoso sebelumnya sempat menjadi, Ketua Badan Pemenangan Nasional pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahudin Uno pada pemilihan presiden lalu. 

Djoko Santoso merupakan anggota Dewan Pembina Partai Gerindra. Karir militer diawali masuk Akademi Militer pada 1975. Karir militernya melesat, pada 2003 ia menjadi Panglima Kodam Jaya. Di tahun 2003, ia menjadi wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat. 

Kemudian pada tahun 2005, ia menjadi Kepala Staf Angkatan Darat dan puncak karirnya menjadi Panglima TNI pada tahun 2007. Almarhum juga pernah menjabat sebagai  Ketua Umum PP PBSI periode 2008-2012.

Jenazah Almarhum akan diberangkatkan dari rumah duka hari ini  (10/5) pukul 13.00 Wib menuju pemakaman Sandiego Hills, Karawang Jawa Barat dan akan dilaksanakan upacara pemakaman secara militer sekitar pukul 14.00 Wib. 

(foto: istimewa)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00