Puasa Fit Ditengah Covid, ala Emil Dardak

KBRN, Surabaya : Puasa Ramadhan adalah ibadah wajib bagi umat Islam seluruh dunia. Namun, puasa tahun ini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Pandemi Covid-19 yang mewabah, membuat badan harus lebih prima.

Bahkan, ada yang pekerjaannya menuntun tenaga dan pikiran ekstra akibat wabah ini, salah satunya adalah Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak. hampir setiap hari, Emil harus melakukan koordinasi dalam penanganan Covid-19.

Lalu, apa rahasia sehat suami Arumi Bachsin ini agar tetap prima meski sedang berpuasa? Emil meyakini, jika puasa justru membuat tubuh lebih sehat. Namun yang penting, kata Emil, jangan sampai melewatkan sahur.

"Puasa itu semuanya membuat tubuh tambah sehat, artinya memang jangan sampai kita kelewatan sahur," ujarnya, Selasa (5/5/2020).

Tips berikutnya adalah, lanjut Emil, jangan kurang minum atau jangan sampai dehidrasi. Menurutnya, cukup minum adalah salah satu kunci sehat.

"Jadi saya maksain diri minum pas bangun 2 gelas, sebelum tidur 2 lagi, buka 2 pokoknya dicicil sampai 10 gelas, jangan dehidrasi," terangnya.

Untuk makanan, Emil mengaku, tidak ada yang khusus, baik saat sahur maupun berbuka. Tapi tetap harus makanan yang sehat, bergizi, khususnya adalah sayur sayuran.

"Ingat banyak makanan yang ngenyangin tapi belum tentu nyehatin, ini tolong sayur-sayurannya jangan sampai lupa, karena itu penting kata kuncinya sih itu. Jadi bukan berapa banyaknya waktu sahur sampai kekenyangan gitu ya tapi nutrisinya yang penting," tegasnya.

Selanjutnya, adalah menjaga agar cukup tidur. Karena di suasana pandemi ini, kata Emil, harus prima kondisi badan, jangan kurang tidur, menurutnya paling bahaya jika kurang istirahat.

"Jadi kalau kita puasa ini kan punya tendensi kita membalik pola hidup ini ya ini memang kalau bisa upayakan tidurnya jangan sampai kurang gitu, walaupun sahur tapi tidurnya jangan sampai kurang. Jadi ya setelah tarawih jangan terlalu begadang dulu lah gitu misalnya," pesannya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00