Hari Hijab Sedunia, Tantri 'Kotak' Ungkap Alasan Berhijab

KBRN, Jakarta : Setiap 1 Februari diperingati sebagai Hari Hijab Sedunia atau World Hijab Day. Salah seorang penyanyi Tantri Syailindri yang merupakan vokalis Kotak Band telah lama mengenakan hijab. 

Lewat akun Instagramnya, Tantri mengungkapkan latar belakang ia berhijab. Menurutnya hijab adalah identitas muslimah, dan ini hanya sebagai penutup aurat. 

Meski berhijab, menurut Tantri, bukan berarti dirinya tak punya dosa. " Dosa saya masih teramat banyak, namanya juga manusia," tulis Tantri di akun Instagramnya, Minggu (2/2/2020). 

Meski demikian, ia belajar mengenai islam perlahan seperti menutup auratnya juga perlahan. Hal itu dilakukan karena ia tak mau dipaksakan mengenakan hijab. 

"Sesuatu yang dipaksakan karena alasan ikut-ikutan trend di pasaran akan larut ketika trend tersebut bergeser," tulis Tantri. 

Ia mengungkapkan banyak cerita dibalik dirinya memutuskan berhijab. Ia menuangkan alasan berhijab dalam sebuah lagi diciptakan berjudul Masih Ada. 

"Karena terlalu indah perjalanannya dan akhirnya dituangkan menjadi sebuah lagu berjudul Masih Ada. Pertanyaan kepada sang Pencipta, apa masih ada waktu untuk saya memperbaiki diri?" tulisnya lagi.

" Dan hijab bukan penghalang bagi saya untuk tetap bekreativitas! #WorldHijabDay," tegasnya. 

Berhijab merupakan bentuk pengakuan atas perempuan yang memilih mengenakan hijab dan menjalani kehidupan sebagai seorang Muslimah.

Gerakan World Hijab Day digagas perempuan asal New York, Amerika Serikat, Nazma Khan. Nazma yang merupakan imigran asal Bangladesh sering mengalami diskriminasi karena mengenakan hijab. Hal itu lantaran ia satu-satunya perempuan yang mengenakan hijab di sekolanya.  

Gerakan ini pertama kali terselenggara pada 1 Februari 2013, World Hijab Day kini dirayakan setiap tahun di berbagai belahan dunia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00