Mengenal Minuman Tradisional NTT "SOPHIA"

Minuman Khas NTT SOPHIA (foto:istimewa)

KBRN, Jakarta: SOPHIA (atau Sopi Asli) merupakan salah satu minuman keras (miras) tadisional di daerah Nusa Tenggara Timur. 

Produk Sophia ini berasal dari bahasa Belanda, Zoopje, yang berarti alkohol cair. 

Proses pengolahannya dilakukan secara tradisional, melalui penyadapan pohon enau (pohon lontar). Salah satu produsen Minuman Khas NTT tesebut, Daniel mengatakan minuman tersebut berasal dari gula aren.

"Minuman ini asalnya dari gula aren, dengan kadar alkoholnya itu di angka 50-70 persen," kata Daniel saat berdialog dengan Pro3 RRI, Rabu (3/3/2021).

Daniel mengatakan ia sudah berjualan Sophia selama 2 tahun lebih. Ia mengatakan biasanya minuman ini lebih dijadikan oleh-oleh bagi mereka yang berasal dari luar NTT. 

"Kalau untuk keluar NTT hanya dijadikan oleh-oleh, kalau untuk keluar masih sedikit sulit karena memang sedikit dibatasi dengan jumlah," katanya.

Ia mengaku tidak mengetahui ada perda yang mengatur soal ini.

"Tidak ada aturan Perda, karena memang minuman ini sudah turun-menurun dari nenek moyang untuk ketika ada sebuah acara," jelasnya. 

"Bahkan sampai sekarang belum pernah berurusan dengan aparat keamanan, karena kita masih jual di dalam Kupang saja tidak melebihi kapasitas yang harus menjual di luar kota Kupang," tambahnya. 

Untuk harganya sendiri Daniel menjual dengan varian harga sesuai dengan kebutuhan kadar alkohol yang pembeli inginkan. 

"Kami menjual dengan varian harga mulai 30-50 ribu per 600 ml, perbedaannya dari kadar alkoholnya," jelasnya. 

Saat menanggapi keputusan Presiden, Daniel menyatakan ia setuju. 

"Itu awalnya kita senang karena kearifan kita mau dikenalkan di daerah, tetapi karena Presiden yang sudah ambil keputusan ambil saja sisi positifnya," pungkasnya.        

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00