Laksan, Sarapan Pagi yang Menggiurkan

Laksan, kuliner khas Palembang dari ikan. (Hasandri).

KBRN, Palembang: Laksan salah satu kuliner khas Palembang yang terbuat dari ikan. Makanan yang satu ini menjadi penganan khas yang disantap pagi hari sebagai makanan santapan. Laksan   sangat  gurih dan buat ketagihan  jika sudah mencicipnya.

Bukan di Palembang bila sarapannya tidak berbahan dasar ikan. Laksan sejenis  pempek, yang dipotong – potong dan dihidangkan dengan kuah santan bercampur daging udang. Laksan punya saudara dekat, yakni celimpungan. Hanya saja kuah celimpungan bercampur daging ikan. Perbedaan lainnya celimpungan dibuat secara khusus berbentuk bulat tidak beraturan, sementara laksan potongan dari pempek lenjer (panjang).

Gurihnya laksan karena kuah dibuat dari santan yang dicampur dengan banyak rempah-rempah dan tambahan daging udang. Kuliner yang satu ini ini menghadirkan aroma menggoda, apalagi setelah ditaburi bawang goreng dan sambal bagi penyuka pedas. Gurih sensasi pedas dengan potongan pempek akan memanjakan lidah. Di Palembang laksan sangat mudah ditemukan dan telah banyak disediakan mulai dari tempat sarapan kecil, toko atau restoran pempek hingga hotel berbintang. Di tempat – tempat sarapan untuk menikmati seporsi laksan dengan tiga potongan pempek di dalamnya cukup dengan membayar Rp3.000 hingga Rp5.000 untuk satu potongan laksan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00