Sambut Kemerdekaan, Ini Kumpulan Kuliner Merah Putih

Ilustrasi Kuliner Merah Putih
Tumpeng merah putih
Bubur Mutiara
Pudding
Kue tart merah putih
Klepon merah putih

KBRN, Jakarta: Dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-75, rakyat Indonesia harus ikut menyemarakan semangat juang 45. Meski ditahun ini kemeriahan hari kemerdekaan tidak semegah tahun sebelumnya karena dilakukan ditengah pandemi Covid-19, rakyat tetap harus tetap menunjukkan semangatnya.

Jika biasanya jelang tanggal 17 Agustus, diberbagai lingkungan sudahmulai dilaksanakan lomba guna memeriahkan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia. Di masa pandemi saat ini kamu bisa mengkreasikan dan menunjukkan semangatmu dengan dirumah saja.

Lalu bagaimana caranya jika harus menunjukkan semangat juang 45 tanpa harus berada diluar rumah? Tentunya kamu bisa mengeluarkan ide kulinermu dirumah. 

Berikut ini ada beberapa rekomendasi ide kuliner bertema merah putih yang cocok untuk dihidangkan saat Hari Kemerdekaan Indonesia tiba bersama keluarga, yang berhasil RRI.co.id rangkum, Sabtu (15/8/2020).

1. Tumpeng Merah Putih

Jika nasi tumpeng banyak ditemui di berbagai acara syukuran atau pengajian. Tidak ada salahnya bukan? jika nasi tumpeng bertemakan merah putih ada pula di tengah peringatan HUT RI ke 75.

Hanya saja yang membedakan porsi dari tumpeng ini lebih besar dan biasa digunakan untuk acara-acara besar. Ditambah ciri khas berupa nasi yang berwarna merah dan di berikan bendera merah putih di muncung nasinya.

Agar lebih terlihat menarik, Anda juga bisa tambahkan atribut lainnya yang bertemakan merah putih dalam bentuk makanan khas tumpeng juga tentunya.

2. Bubur Mutiara

Bubur ini terbuat dari sagu mutiara yang terbuat dari tepung. Makanan yang berbentuk bulat-bulat kecil ini umumnya berwarna kemerahan.

Sagu mutiara ini paling cocok disantap dengan santan. Sekilas, warnanya begitu cantik bukan? Bernuansa merah putih layaknya bendera Indonesia.

3. Pudding

Beranjak ke dessert, ada puding merah putih yang bisa kamu bikin buat melengkapi sajian serba merah putih spesial kemerdekaan ke 75. Puding merah putih gampang banget bikinnya, puding instan merah disandingkan sama puding instan warna putih. 

Atau bisa juga kamu bikin sendiri dengan bahan-bahan dasar seperti santan, ubi, susu, dan lain-lain. Warna merah putih selain kamu bisa aplikasikan menggunakan pewarna makanan, bisa juga kamu ambil dari buah-buahan seperti semangka, stroberi, leci, dan lain-lain.

4. Kue Tart Merah Putih

Masa iya makan kue tart cuma pas kamu ulang tahun atau si dia ulang tahun? Ulang tahun Indonesia juga dong harusnya! Rayakan ulang tahun kemerdekaan Indonesia pakai kue tart spesial merah putih. 

Kue tart ini biasanya bisa juga diganti sama strawberry shortcake, bolu, atau cupcake. Kamu bisa mengkreasikan kue tart cantik versimu dengan bikin sendiri, desain atau bentuk sesuka hati, biar ulang tahun Indonesia meriahnya makin-makin.

5. Klepon Merah Putih

Nggak cuma makanan serba merah putih yang kekinian aja yang bisa kamu hidangkan, Snackers. Ada klepon merah putih dengan bahan tradisional yang gampang banget bikinnya. 

Tinggal pakai pewarna makanan aja kok. Kamu bisa bikin sate klepon merah putih, ongol-ongol merah putih, atau cenil merah putih. Makanan pribumi ini siapa tahu bisa bikin kamu makin nasionalis, Snackers hehe ya nggak?

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00