Resep Mi Tek-tek Ala Rumahan untuk Berbuka

KBRN, Jakarta: Rindu dengan mi tek-tek abang gerobak? Tidak perlu khawatir, saat ini RRI punya resep mi tek-tek acar segar ala abang-bang yang bisa kalian coba di rumah.

Coba pikir deh, dulu jika kalian ingin makan mi tek-tek, pasti kalian rela menunggu abang penjual mi tek-tek lewat di depan rumah pada malam hari. 

Namun, sekarang ini, abang-abang mi tek-tek yang lewat di depan rumah pada malam hari, rasanya semakin sulit ditemui. Apalagi di kota-kota besar atau kompleks perumahan modern, saat ini sedang melakukan lockdwon di wilayah masing-masing, akibat virus corona.

Nah, jika kalian benar-benar rindu dengan mi tek-tek ala abang-abang, bisa mencoba resep yang satu ini untuk mengobati rasa rindu. Cek yuk, resep mi tek-tek acar segar ala abang-abang, yang RRI rangkum dari beberapa sumber. Diantaranya: 

Bahan:

3 sdm minyak, untuk menumis150 gram daging ayam, potong dadu100 ml air150 gram kol, iris kasar100 gram caisim, potong kasar2 butir teur, buat orak-arik150 gram mi kering, rebus sampai matang1 sdm minyak wijen3 sdm kecap manis1/2 sdt kaldu bubuk

Bumbu halus :

5 siung bawan merah4 siung bawang putih1 sdt merica3 butir kemiri1 sdt garam

Bahan acar:

1 buah wortel, potong dadu kecil1 buah mentimun, potong dadu kecil4 butir bawang merah, potong dadu kecil15 buah cabai rawit1 1/2 sdm cuka1 sdt garam1 sdm gula pasir200 ml air panas

Cara membuat acar:

1. Campur semua bahan, aduk sampai rata, lalu simpan di wadah tertutup.

2. Simpan acar dalam lemari es, supaya acar tidak cepat basi dan bisa dimakan kembali lain waktu, jika kalian tidak ingin menghabiskannya langsung.

Cara membuat mi:

1. Tumis bumbu halus sampai harum, lalu masukkan daging ayam, dan aduk hingga daging berubah warna.

2. Tambahkan air, lalu biarkan hingga air surut, dan sisa sedikit.

3. Masukkan kol, caisim, telur orak-arik, dan mi, lalu aduk sampai tercampur rata.

4. Tambahkan bumbu yang lainnya, lalu masak hingga bumbu meresap.

5. Angkat dan sajikan mi bersama kerupuk dan acar segar untuk rasa yang lebih nikmat. 

Selamat menikmati, guysss....

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00