Sensasi Lodho Ikan Mas Pilihan Buka Puasa

KBRN, Ponorogo : Seorang warga bernama Teso Unggara membuat masakan lodho khas Jawa Timur menggunakan bahan dasar ikan mas, hasil pancingannya pada kolam sendiri di Desa Betri, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo.

Teso mengatakan, masakan lodho identik dengan ayam, namun dirubah menggunakan ikan biar tidak bosan, ternyata lodho ikan mas tidak kalah lezat dengan lodho ayam pada umumnya.

“Bumbu lodho ikan emas sama dengan menggunakan ayam. Yaitu cabai rawit, bawang putih, bawang merah, kunyit, ketumbar, jahe dan garam. semua bumbu ini dicampur kecuali cabai rawit. setelah bumbu untuk lodho pun jadi, nanti dicampur dengan santan dan beberapa empon-empon," terangnya, Minggu (17/5/2020).

Dikatakan, sambil menunggu kuah lodho matang, ikan emas yang telah disiapkan kemudian dibersihkan dan dipotong menjadi 2 hingga 3 bagian, lalu digoreng menggunakan minyak yang panas, setelah matang, ikan emas itu kemudian dimasukkan ke kuah lodho bersama cabai rawit yang telah disiapkan. Namanya bumbu lodho pasti pedas.

Menurutnya, perbedaan lodho ikan emas lebih empuk dibandingkan dengan menggunakan ayam. Selain itu, bumbu juga lebih meresap karena adanya empon-empon, Bagi yang mengkonsumsi, tubuh akan lebih segar.

Teso yang juga memasarkan masakannya itu mengaku, untuk satu porsi lodho menjualnya dengan harga Rp25 ribu lengkap dengan nasi. Sementara bagi pelanggan yang memesan minimal pembelian 2 porsi, untuk dibawa pulang.

Sementara itu, salah satu pelanggan Eka Megawati menyatakan,  biasanya saya ke sini cuma merasakan ikan emas yang digoreng atau dibakar.

"Awalnya penasaran saja. Biasanya kan lodho itu ayam. Ini kok lodho ikan emas," katanya sambil menyebut jika menu itu dapat menjadi pilihan untuk berbuka puasa karena membuat tubuh terasa hangat setelah memakannya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00