Resep Tahu Bakso Takjil Praktis Untuk Berbuka

Tahu Bakso.jpeg

KBRN, Jakarta: Tahu merupakan salah satu bahan makanan yang mudah diolah. Untuk berbuka puasa pun, anda dapat memasak tahu jadi beragam jenis panganan, salah satunya tahu bakso.

Gorengan tersebut biasanya didapat di penjaja takjil buka puasa. Tapi karena ini masa-masa karantina mandiri pandemi virus corona, maka anda pun harus menetap di rumah. 

Tidak perlu kelewat jengkel, anda justru mampu mengganti kebiasaan 'berburu takjil' selama Ramadhan dengan 'memasak takjil'.

Bahan:

20 buah tahu segitiga (Bisa juga tahu segiempat, pilih tahu yang memiliki kulit dan buang sebagian isinya).100 gram daging giling 50 gram ayam giling 3-4 siung bawang putih (dihaluskan)Daun bawang (diiris tipis) 1 sdt garam1/2 sdt merica bubuk1/2 sdt gula1/4 sdt kaldu bubuk100 gram tepung tapioka1 butir putih telur250 ml air es (sesuai selera, bisa diganti air biasa)

Tahu bakso yang sudah diisi adonan bisa direbus atau dikukus. Pilih cara yang menurut Anda paling praktis.

Cara membuat:

1. Campurkan daging giling, ayam giling, garam, merica, gula, kaldu bubuk dan bawang putih. Aduk rata. Anda boleh mengaduknya manual ataupun memakai food processor.

2. Masukkan putih telur dan air es ke adonan. Aduk kembali.

3. Tuang tepung dan daun bawang. Aduk sampai adonan agak mengental dan mudah dibentuk.

4. Ambil satu tahu yang sudah dikeluarkan isinya, lalu isi dengan adonan. Lakukan sampai habis.

5. Kukus tahu bakso sekitar 15-20 menit.

6. Goreng tahu bakso dalam minyak panas, angkat dan, sajikan dengan saus sambal atau cabai rawit. Tahu bakso yang tidak langsung digoreng bisa disimpan di freezer, gunakan wadah kedap udara untuk menyimpannya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00