Gelar Chef Expo 2019, ICA Ingin Angkat Harkat Kuliner Nusantara

KBRN, Jakarta : Setelah mendulang sukses pada tahun lalu, Indonesian Chef Association (ICA) kembali menggelar event tahunan terbesar yaitu Chef Expo di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, pada 9-11 Oktober mendatang. Pada penyelenggaraan tahun ini, ada beragam kegiatan yang dilakukan, demo masak dari para celebrity chef, pameran buku kuliner, workshop bisnis kuliner hingga perlombaan masak.

Chef Expo yang sudah diselenggarakan  pada tahun kedua ini akan lebih mengangkat kuliner tradisional Indonesia, termasuk di dalam perlombaan masak seperti di Black Box Competition dan lomba kelas pastry. Jika anda ingin melihat cara membuat kue-kue tradisional yang mendunia, yuk kunjungi Chef Expo 2019. Apalagi para pengunjung tidak akan dikenakan biaya alias Gratis! 

Menurut Slamet Jarwanto selaku Ketua Panitia Chef Expo 2019, ICA Chef Expo 2019 yang digelar bersama dengan Pameran Food Tech International organized yang diselenggarakan oleh  PT Pelita Promo Internusa ini menargetkan pengunjung 6.000-8.000 orang. Target ini di luar target pengunjung Pameran Food Tech International, yang menurut Managing Director PT Pelita Promo Internusa Bapak Sofian Widjaya akan dikunjungi lebih dari 10.000 visitor. 

"Panitia berharap ada peningkatan pengunjung yang lebih banyak lagi karena tahun ini agenda acara dan konten acaranya dipastikan jauh lebih dahsyat dari tahun lalu," tutur Slamet Jarwanto dalam acara konferensi pers di The Opus Grand Ballroom Jakarta Selatan, Senin (30/9/2019) malam. 

Menariknya, tahun ini dibuka kelas lomba baru yaitu Kelas Pastry yang terdiri dari kelas Kue Klasik Indonesia, Cake Decoration dan Kelas Modern Plate Up Dessert di hari pertama yang didukung penuh oleh brand ternama Blue Band 

Selain kelas Pastry, tahun ini juga dibuka kelas baru yaitu Kelas Live Cooking berbahan dasar Healthy dan Sustainable. Kelas ini diharapkan mulai membuka wawasan pengembangkan kuliner berbasis bahan bahan yang sehat dan sustainable 

Menurut Presiden ICA, Chef Henry Alexie Bloem, kelas ini adalah hasil kerjasama antara ICA dan Generasi Baru Dapur Indonesia ( GBDI ).

"ICA dan GBDI juga akan menyelenggarakan Talkshow tentang Healthy & Sustanaible Food bersama Panelis Chef Chandra Yudhasswara , Chef Bloem dan Chef Handry dengan modeartor Ibu Christine dari Generasi Baru Dapur Indonesia (GBDI)," terang Bloem.   

Sementara itu, menurut Chef Chandra Yidhasswara yang bertahun-tahun menjadi host acara masak di sebuah stasiun TV terkenal, talkshow ini akan memberikan pengetahuan baru tentang bagaimana Generasi Baru Dapur Indonesia mengembangkan industri dan  kuliner Indonesia dengan dimensi baru berbahan baku healthy dan sustainable.

Black Box Competition

Perlombaan Black Box competition kali ini menghadirkan 10 tim pilihan dari Bali, Surabaya, Bandung dan Jakarta. Juri-juri pilihan akan menentukan siapakah tim terbaik yang mampu menghadirkan kreasi Indonesian Cuisine terbaik yang dikreasikan dari bahan bahan misteri dalam Black Box Competition.

Chef Juna yang diidolakan masyarakat sebagai salah satu juri Top di acara Master Chef Indonesia dan Chef Ragil, akan memimpin panel juri untuk Black Box Competition dan dilengkapi oleh special guest, Chef Yono - seorang celebrity chef dan restauranteur dari New York, Amerika Serikat, yang merupakan chef kebanggaan Indonesia juga, karena beliau lahir dan besar di Indonesia namun cukup sukses sebagai seorang Chef di negeri Paman Sam.

Panel Juri juga terdiri dari beberapa Food Critic dari salah satu portal food ternama dan Expat Chef terpilih secara khusus.

Menurut Chef Ragil dan Chef Juna, Black Box Competition tahun ini akan lebih seru dan kompetitif karena back ground team yang bervariasi, baik dari independent Resto, hotel bintang lima dan beberapa chef ternama yang membangun tim bersama dari beberapa kota yang berbeda.

Kompetisi Black box ini juga didukung oleh KOKITA, salah satu brand lokal yang sangat peduli pada kemajuan Kuliner Indonesia.

Dalam Chef Expo tahun ini setiap hari akan menampilkan Demo Cooking dari celebrity chef seperti Vindy Lee, Kungfu Chef Mutho, Chef Axhiang, Brian Master Chef Indonesia, Chef Yongki Gunawan , Chef Juna, Chef Chandra dan Chef Chef dari Utusan daerah seperi Bali, Jogja , Bandung , Medan dan lain-lain.

Kejutan tahun ini juga adalah tampilnya Chef Marinka sebagai juri tamu di hari kedua, serta hadirnya pakar Bakery Hadi Tuwendi dan Ibu Nilasari.

Akan hadir pula founder Dapur Solo Group, Ibu Swan Kumarga dalam talkshow Culinary Enterpreuneur di hari ketiga 

Selain itu, Chef Expo tahun ini juga masih menggandeng beberapa partner seperti Kompas Gramedia Majalah Group sebagai official media partner, dan beberapa TV nasional. 

Pameran buku kuliner juga akan menjadi daya tarik tersendiri bagi chef, mahasiswa dan pecinta kuliner yang menghadiri ICA Chef Expo tahun ini,l. Beberapa buku karya Ibu Sisca Soewitomo, Chef Mutho, Chef Yongki Gunawan dan lain-lain juga dipamerkan dalam pameran buku tahun ini.

ICA Chef Expo juga melakukan aktifitas sosial dengan memberikan edukasi ke pengunjung berupa hands on demo food / Carving bagi pengunjung dan konsultasi gratis untuk dasar-dasar manajemen resto dan clinic recipe di ICA Lounge.

Rangkaian acara bervariasi seperti ini diharapkan menarik masyarakat dan komunitas pecinta kuliner untuk datang dan bersama ICA dan lebih mencintai sekaligus melestarikan kuliner Indonesia melalui Event Chef Expo 2019.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00