Deretan Menu Khas Iduladha di Berbagai Negara

Nasi biryani menu makanan Arab (Foto: Istimewa)

KBRN, Jakarta: Hari Raya Iduladha bukan hanya umat Islam di Indonesia saja, tetapi semua Negara dengan mayoritas penduduk Islam pun ikut memperingati hari kemenangan ini.

Setiap tahunnya, umat Islam di seluruh dunia merayakan hari suci ini bersama keluarga dan teman.

Hari Iduladha tersebut diperingati sebagai hari pengorbanan yang pernah dilakukan oleh Nabi Ibrahim yang menyembelih anaknya sendiri yaitu Nabi Ismail. Kalau di Indonesia, biasanya makanan khas yang selalu disajikan di meja makan saat Iduladha adalah rendang. 

Namun di negara lain ada pula makanan yang harus ada atau tersaji di saat Iduladha. Apa saja menu makanannya? Berikut makanan khas Iduladha di berbagai Negara yang dirangkum dari Independen.

1. Sac Kavurma di Turki

Banyak makanan khas Turki yang enak selain kebab dan baklava. Mungkin ini adalah hidangan terbaik dari Negara ini. Sac Kavurma adalah daging domba atau daging sapi yang dicampur dengan tomat dan paprika hijau dan dimasak di piring besi yang sangat tipis.

Hidanan penutup yang wajib ada adalah Revani. Revani ini makanan penutup yang sangat sulit dibuat. Revani adalah kue semolina yang direndam di dalam sirup. Kue ini begitu manis dan enak.

2. Maamoul di Lebanon

Tak lengkap rasanya kalau Iduladha tidak ada makanan ini. Di Lebanon, Maamoul merupakan makanan wajib saat Iduladha. Kue kering manis ini tak hanya ada di Lebanon, tapi di Jordan, Palestina, dan Syiria. Kue kering ini dibuat dengan campuran air mawar dan diisi dengan kurma, kenari atau pistacihio.

3. Nasi Biryani dan Malpua India

Jika di Indonesia terkenal dengan nasi kebuli berbeda di India yakni nasi Biryani. Makanan sederhana ini terbuat dari beras dengan bumbu rempah, sayuran dan daging domba. 

Makanan ini tidak hanya disajikan saat Iduladha saja, tapi di perayaan lainnya seperti pernikahan. Nasi Biryani ini biasa dibuat dalam porsi besar. Selain nasi Biryani, ada juga Malpua.

Malpua merupakan makanan penutup khas India yang dibuat dengan adonan tepung, susu, dan kapulaga. Kue yang bentuknya menyerupai pancake ini dipanggang sampai krispi lalu disajikan dengan Rabri. Rabri adalah salah satu bahan utama untuk membuat makanan penutup khas India. Terbuat dari susu, gula, rempah, dan kacang.

4. Tagine dan Mhanca di Maroko

Tagine merupakan makanan yang harus ada di setiap perayaan Iduladha. Sayuran dan daging, ayam atau ikan yang dimasak perlahan di panci masak berbentuk segitiga yang disebut tagine. 

Makanan penutup satu ini juga wajib dihidangkan saat Iduladha. Mhanca adalah pastry tradisional yang diisi dengan almond dan air bunga jeruk.

5. Korma di India

Korma juga bisa jadi pilihan lain bagi para vegan. Namun korma juga nikmat jika dicampur dengan daging. Korma adalah sejenis kari yang populer di wilayah India dan sekitarnya. 

Korma biasa dibuat menggunakan sayuran atau daging yang sudah direbus dengan krim atau yoghurt, kaldu cair, dan rempah untuk menghasilkan saus yang kental. Seperti kari lainnya, korma biasa disajikan dengan nasi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar