Resep Juhu Rimbang, Masakan Khas Dayak

KBRN, Palangka Raya: "Juhu" dalam Bahasa Dayak Ngaju artinya "masakan berkuah" sedangkan "Rimbang" adalah Terong Asam (Solanum ferox) atau lebih dikenal dengan Terong Dayak. 

Seperti namanya Rimbang atau Terong Asam rasanya asam. Biasanya Juhu Rimbang dimasak bersama ikan sungai seperti patin, baung (keting), gabus dan lain-lain.

Bumbu-bumbu yang biasanya ditambahkan pada Juhu Rimbang yakni bawang merah, bawang putih, kemiri dan ada juga yang menambahkan sedikit terasi. Karena dicampur ikan, tentu tidak ketinggalan kunyit sehingga kuah Juhu Rimbang biasanya berwarna kuning. 

Apabila Anda berkunjung ke rumah makan khas Dayak di Palangka Raya-Kalimantan Tengah, Juhu Rimbang jadi salah satu menu yang ditawarkan.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Juhu Rimbang:

Ambil Bahan:

Ambil 1 ekor ikan (+- 500 gr)

Sediakan 1 buahJeruk Nipis

Ambil 2 buah terong asam

Gunakan 1 ikat kacang panjang

Gunakan 2 iris labu kuning

Ambil sesuai selera garam, gula dan kaldu bubuk

Sediakan 1500 ml air

Siapkan Bumbu Halus:

Sediakan 7 butir bawang merah

Gunakan 5 siung bawang putih

Siapkan 2 buah kemiri

Ambil 5 cm jahe

Siapkan Seruas jari kunyit

Cara menyiapkan Juhu Rimbang:

Siapkan bahan dan bumbu halus. Lumuri ikan dengan jeruk nipis kemudian bilas ulang. Campur bumbu halus dengan ikan gabus biarkan sambil kita menyiapkan sayurannya. Didihkan air masak sayuran sampai setengah matang. Kemudian masukkan ikan dan bumbu halusnya. Tambahkan garam,gula dan kaldu bubuk.Masak sampai ikan matang.Jangan lupa koreksi rasa.Angkat.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Juhu Rimbang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar