Ketupat Kuah Gangan Asam Khas HSU

Istimewa0101.jpg

KBRN, Amuntai: Ketupat khas Kalimantan Selatan identik dengan berkuah santan dan bumbu rempah yang menyatu dalam kuah beserta dilengkapi ikan gabus yang dibakar langsung.

Kali ini berbeda. Di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), makanan khas dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) ini memiliki pengelohan yang berbeda yaitu menggunakan kuah gangan asam yang menambah cita rasa yang sedikit asam, gurih dan segar.

Heriyanti, salah satu penjual ketupat gangan asam ini mengaku, menggabungkan ketupat masakan khas Kalimantan Selatan dengan gangan asam ini dari resep dari turun-temurun.

"Untuk resep ketupat gangan asam, karena ini turun temurun, jadi kurang lebih sudah 50 tahun, mulai dari nenek, lalu orang tua saya setelah itu baru saya yang melanjutkan menjual ketupat gangan asam ini," ujar Yanti.

Lebih lanjut, ketupat kuah gangan asam ini hanya dijual pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu di kawasan Pasar Induk Amuntai.

"Setiap harinya mampu menghabiskan 100 porsi ketupat kuah gangan asam," ucap Heriyanti.

Adapun bahan-bahan yang perlu disiapkan sebelum membuat ketupat gangan asam adalah ikan gabus, bawang merah, kemiri, kunyit, acan/terasi, asam kamal/asam jawa dan garam.

Dalam prosesnya ikan gabus dibersihkan lalu dipotong beberapa bagian, kemudian bawang merah, kemiri dan kunyit diulek lalu dicampur dengan ikan gabus yang sudah dipotong tadi.

Setelah itu asam kamal dan acan dicampur dengan bahan yang sudah diulek tadi. Tunggu santan sampai mendidih setelah mendidih ikan langsung dicampur dan diberikan garam atau penyedap rasa secukupnya, tunggu hingga mendidih dan ketupat gangan asam siap dihidangkan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00