Diet, Coba Resep Minuman Herbal Ini

Teh Kayu Manis (foto:istimewa)

KBRN, Jakarta: Kemarin Kamis (4/3/2021) kita baru saja memperingati hari Obesitas Sedunia. Tentu saja banyak orang yang saat ini ingin hidup lebih sehat, salah satunya dengan melakukan diet agar tidak terjadi obesitas. 

Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk membantu menurunkan berat badan. Selain menjaga pola makan agar tidak membuat perut membesar dan aktif secara fisik, ada baiknya pula mengonsumsi ramuan minuman tertentu.

Melansir Times of India, Jumat (5/3/2021) beberapa minuman herbal ini bisa membantu membakar lemak dan baik dikonsumsi sebelum tidur. Apa saja?

1. Susu kunyit

Perpaduan susu dan kunyit bisa membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan pencernaan. Kunyit mengandung antioksidan yang membantu mengeluarkan racun berbahaya dari tubuh, sedangkan susu memiliki kalsium dan protein yang akan membantu Anda tidur nyenyak.

Cara membuatnya:

  • Kupas bersih dan haluskan kunyit.
  • Hangatkan susu dalam panci. 
  • Campurkan kunyit yang sudah dihaluskan dengan susu. Biarkan hingga panas, tapi tidak mendidih. Masukkan minyak kelapa.
  • Matikan api jika sudah panas. Tambahkan madu jika ingin lebih manis.

2. Teh Kamomil

Teh kamomil terkenal bermanfaat membantu tidur lebih nyenyak. Minuman ini meningkatkan kadar glisin dalam tubuh, sejenis neurotransmitter yang melemaskan saraf dan membuat Anda merasa mengantuk.

Penelitian juga menunjukkan bahwa teh kamomil membantu mengontrol glukosa dan menurunkan berat badan. Oleh karenanya, minumlah secangkir teh kamomil hangat sebelum tidur untuk membuang lemak yang tak diinginkan saat Anda tidur.

Cara Membuat Teh Chamomile:

  • Anda dapat dengan mudah mempersiapkan teh herbal ini jika memiliki bunga kering dan daun tanaman chamomile.
  • Untuk membuat teh chamomile, pertama didihkan secangkir air dalam panci. Ketika sudah mendidih, tambahkan satu sendok teh chamomile ke dalamnya. Didihkan lagi selama satu menit dan tutup panci.
  • Angkat teh dari api dan biarkan selama satu atau dua menit sehingga bunga sepenuhnya terseduh.
  • Anda dapat menambahkan madu atau gula untuk meningkatkan rasa. Tambahkan pula sedikit jus lemon jika menginginkannya.
  • Jika hendak mempersiapkan teh ini dalam jumlah lebih banyak, tambahkan bahan secara proporsional.

3. Teh kayu manis

Kayu manis atau dalchini diketahui sarat manfaat kesehatan. Kayu manis juga memiliki berbagai sifat antioksidan dan antibiotik yang menjadikannya minuman detoks sempurna, tidak hanya membantu membakar lebih banyak lemak, tetapi juga membantu agar bisa anda tidur lebih nyenyak.

Cara membuatnya:

1. Pilih kayu manis terbaik

2. Siapkan air panas sesuai kebutuhan

3. Anda hanya perlu memanaskan air hingga mendidih. Sesuaikan kebutuhan air dengan seberapa banyak teh kayu manis ingin dibuat. Jika Anda ingin membuat 3 cangkir teh, didihkan air sebanyak 4 gelas ukuran 250 ml.

4. Kemudian, siapkan bahan lain seperti teh kantong dan madu untuk pemanis tambahan. Pilihan teh kantong bisa disesuaikan dengan keinginan Anda, misalnya teh roiboos atau teh hitam.

Jika tidak menyukai rasa teh kayu manis, coba tambahkan sedikit madu untuk memberikan rasa manis.

4. Air Rendaman Fenugreek

Ini adalah teknik kuno yang telah digunakan untuk mengatur kadar gula darah. Mengonsumsinya sebelum tidur bisa membuat panas di dalam tubuh dan membantu menurunkan berat badan. Fenugreek juga antasid yang bagus sehingga baik untuk sistem pencernaan.

Bagaimana cara membuat ramuan ini? Rebus air dalam wadah, tambahkan biji fenugreek yang dihancurkan ke dalamnya. Rendam bijinya selama tiga sampai lima menit, kemudian saring dalam cangkir dengan memakai saringan biasa.

Atau Anda perlu merendam methi dana dalam air selama sekitar delapan jam dan kemudian tiriskan bijinya. Tambahkan bijinya menjadi sekitar satu setengah cangkir air di dalam pressure cooker, bersama dengan irisan kurma, kismis, bubuk cabai merah, bubuk kunyit, bubuk aamchoor (bubuk mangga mentah), irisan mangga kering, garam, biji adas, bubuk ketumbar dan kemudian tekan masak untuk beberapa waktu.

Tambahkan gula ke dalam adonan, setelah semua bumbu dimasak dengan baik bersama-sama. Biji methi rasanya pahit, jadi penting untuk menambahkan pemanis alami dan gula putih untuk mengimbangi rasa pahit. (MDS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00