Batasi Penularan, Gunakan Telekonsultasi BPJS Kesehatan

(Ilustrasi)

KBRN, Jakarta: Kunjungan peserta ke fasilitas layanan kesehatan diakui mengalami sedikit penurunan di masa pandemi Covid-19 menurut penjelasan pejabat tinggi BPJS Kesehatan.

Opsi kunjungan tanpa harus ke lokasi atau konsultasi secara daring menjadi pilihan untuk mengurangi penularan, menurut Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron.

"BPJS Kesehatan juga mendapat penugasan khusus untuk pemanfaatan tele-consultation dalam melakukan kontak dengan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) melalui aplikasi Mobile JKN dan Mobile JKN Faskes," menurut Ghufron dalam siaran persnya, Rabu (3/3/2021).

"Ada. Untuk promosi prevensi ini," jelas Ghufron mempertegas, saat ditanya penggunaan telekonsultasi di faskes di masa pandemi usai konferensi pers penyerahan Petikan Keputusan Presiden RI Nomor 37/P Tahun 2021 tentang Pengangkatan Keanggotaan Dewan Pengawas dan Keanggotaan Direksi BPJS Kesehatan Masa Jabatan Tahun 2021 - 2026, Selasa (2/3/2021), di Jakarta.

"Promosi konsultasi ke depan bisa tanpa hadir, tapi bisa, bagaimana bisa menyehatkan diri," tambah Ghufron. "Sudah ada (dan) akan kita perkuat."

Ghufron menjelaskan bahwa kontak antara pasien dan dokter melalui aplikasi nantinya akan dicatat sebagai angka kontak yang diperhitungkan sebagai penilaian kinerja kepada FKTP. 

"Pemanfaatan tele-consultation ini dilakukan sebagai bagian dari upaya meminimalisir kontak langsung seiring dengan kondisi pandemi Covid-19," ungkap Ghufron.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00