FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Ingat, Percuma Vaksinasi Jika Tanpa Protokol Kesehatan

Kepala Laboratorium Universitas Andalas, Dokter Andani Eka Putra, menegaskan, protokol kesehatan merupakan kunci dari semuanya, karena dengan melakukan vaksinasi bukan berarti masyarakat terhindar seterusnya dari penularan virus Covid-19 (Sridarni/RRI)

KBRN, Padang: Kendati sekarang ini pemerintah gencar menggulirkan beragam informasi yang mengedukasi masyarakat untuk sepenuhnya mendukung program vaksinasi sebagai bagian penanganan Covid-19 secara nasional, tetap saja protokol kesehatan (prokes) menjadi penentu terhindarnya masyarakat dari penularan virus Corona.

Kepala Laboratorium Universitas Andalas, Dokter Andani Eka Putra, menegaskan, protokol kesehatan merupakan kunci dari semuanya, karena dengan melakukan vaksinasi bukan berarti masyarakat terhindar seterusnya dari penularan virus Covid-19.

"Intinya tetap patuh pada penerapan prokes, melalui penggunaan masker, rajin cuci tangan, dan jaga jarak," ujar Andani kepada rri.co.id di Padang, Sabtu (27/2/2021).

Hal lain yang tidak kalah penting, menurut Andani, adalah mengedukasi setiap nagari atau desa, guna bersinergi menggaungkan program vaksinasi nasional.

"Bagaimana ke depannya setiap desa atau nagari memiliki pimpinan yang mampu menuntun warganya untuk bersinergi mendukung vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan secara bertahap itu. Sehingga terjadi perubahan pada berbagai sektor yang selama ini ikut terdampak, di antaranya perekonomian daerah," ujarnya menambahkan.

Selanjutnya, menurut dia, masyarakat tidak perlu resah atau takut divaksin, karena setiap orang sebenarnya sudah dibiasakan sejak kecil melakukan vaksinasi.

Artinya, tidak perlu terpengaruh informasi tidak bertanggung jawab yang beredar di lingkungan masyarakat.  

"Bagaimana walinagari atau kepala desa mampu bersinergi, memberikan edukasi kepada masyarakat akan manfaat dari vaksinasi tersebut," tandasnya. (Miechell Octovy Koagouw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00