FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Permenkes Vaksin Mandiri Terbit, Berapa Besaran Tarifnya?

ANTARA FOTO/Maulana Surya/hp.

KBRN, Jakarta: Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin akhrinya mengizinkan pemberian vaksinasi covid-19 lewat jalur mandiri.

Beleid tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 10 Tahun 2021.

"Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) dilakukan melalui Vaksinasi Mandiri atau Vaksinasi Gotong Royong," demikian kutipan Pasal 3 ayat 3.

Dalam aturan tersebut disebutkan jika Vaksinasi Gotong Royong diberikan secara gratis. Artinya, perusahaan dipastikan memberikan vaksin bagi karyawan secara gratis.

"Karyawan/karyawati, keluarga dan individu lain terkait dalam keluarga sebagai penerima Vaksin Covid-19 dalam pelayanan Vaksinasi Gotong Royong sebagaimana dimaksud pada ayat (3) tidak dipungut bayaran/gratis," bunyi Pasal 3 Ayat (5).

Sementara, pada pasal 23 ayat 1 disebutkan jika besaran tarif maksimal atas vaksin gotong royong yang dibiayai oleh perusahaan akan ditetapkan oleh Menteri.

Nantinya, jika vaksinasi Gotong Royong dilakukan oleh fasilitas pelayanan kesehatan milik masyarakat atau swasta, tarif tidak boleh melebihi batas maksimal yang sudah ditetapkan menteri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00