FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Sudah 1.332 Pendonor Plasma Konvalesen di Jakarta

Kepala Bidang Pengadaan Darah, Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta, dr. Dian (Dok RRI/Josua Sihombing)

KBRN, Jakarta: Kepala Bidang Pengadaan Darah, Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta, dr. Dian, mengatakan, bahwa sejak pihaknya melakukan pengambilan plasma darah Konvalesen di pertengahan tahun 2020 hingga saat ini, setidaknya tercatat sebanyak 1.332 penyintas Covid-19 yang telah mendonorkan plasma darah Konvalesen.

"Kita mulai dari awal ngambil plasma Konvalesen itu 14 Juni 2020. Sampai 25 Januari 2021, donor plasma di sini (PMI DKI) sudah 1.332 orang," kata dr. Dian saat dikonfirmasi RRI.co.id, di Kantor PMI DKI, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Rabu (27/1/2021).

Pendonoran Plasma Konvalesen di PMI DKI Jakarta

Akan tetapi Dian mengakui, angka para penyintas yang tercatat telah mendonorkan plasma darah Konvalesen itu terlambat berkembang.

BACA JUGA: Kenali Plasma Konvalesen untuk Pasien Covid-19

Karena tren pendonoran tersebut baru melonjak pada awal 2021.

Hal tersebut dapat dilihat melalui ketersediaan mesin donor plasma Konvalesen dengan nama 'Apheresis' yang kini bertambah menjadi empat mesin.

"Jadi memang Desember 2020 sampai Januari 2021 ini yang meningkat drastis. Waktu awal-awal sebelum semakin banyak penderita hanya satu-dua mesin, sekarang sudah empat mesin," tuturnya.

Sebelumnya, Dian menyatakan bahwa adanya plasma darah Konvalesen tersebut sangat berarti bagi masyarakat yang hingga kini masih terjangkit virus Corona.

BACA JUGA: Obat Covid-19, Begini Syarat Donor Plasma Konvalesen

Plasma darah Konvalesen tersebut diberikan kepada para penderita Covid-19, untuk memberikan treatment tambahan terhadap antibodi penderita Covid-19.

"Donor darah plasma Konvalensen adalah donor darah dari penyintas Covid-19 yang telah sembuh, kemudian mendonorkan plasmanya untuk diberikan kepada pasien-pasien yang saat ini terpapar Covid. Memang plasma konvalensem memang khusus untuk pasien-pasien Covid-19," ujarnya.

"Plasma Konvalesen ini sangat bermanfaat sekali, karena dia membantu penderita Covid-19 untuk bisa sebagai terapi tambahan dalam penanganan Covid ini," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00