FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Masyarakat Diminta Tidak Khawatir Berlebihan Soal Vaksin

Ilustrasi / Mempersiapkan vaksinasi Covid-19 (Dok. Istimewa)

KBRN, Jakarta: Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) mengungkapkan telah menerima 30 laporan dari tenaga kesehatan yang mendapat vaksin Covid-19 pertama kali.

"Dari laporan KIPI yang masuk ke kami, semua bersifat ringan dan sesuai dengan yang dilaporkan di jurnal-jurnal dan tempat lain, semuanya kondisi sehat. Jadi tidak ada yang memerlukan perhatian khusus sampai saat ini," ujar Ketua Komnas KIPI, Hindra Irawan Satari, dalam dialog Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) di Jakarta, Rabu (20/1/2021).

Hindra menjelaskan, alur pelaporan tersebut dilakukan secara berjenjang, mulai dari laporan masyarakat, puskesmas, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, Dinas Kesehatan Provinsi, sampai akhirnya ke Komnas KIPI.

BACA JUGA: Erick Thohir Bantah Vaksin Covid-19 Dipasang Chip

"Laporan yang terbanyak adalah kejadian koinsiden atau semua hal dikaitkan dengan vaksin, tidak memandang jangka waktunya, baik itu satu hari setelah vaksinasi atau sebulan setelah vaksinasi, maupun empat tahun setelahnya pun masih dikaitkan dengan vaksinasi," jelasnya.

Dirinya pun mengimbau masyarakat untuk tidak khawatir berlebihan kepada program vaksinasi Covid-19.

"Jadi, upaya vaksinasi itu merupakan salah satu upaya tambahan. Kalau menerima berita yang tidak pasti sumbernya dari mana, tidak usah diteruskan. Cukup di kita saja, dan pastikan bahwa semua keluarga divaksinasi, karena apabila keluarga kita aman, InsyaAllah, bangsa dan negara ini aman. Mari kita lanjutkan vaksinasi," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00