Relawan Satgas Covid-19 Mundur Tanpa Lepas Atribut

KBRN, Jakarta: Pasca berlangsungnya aksi Relawan Satgas Covid-19 di Jabodetabek mundur karena kecewa dengan peraturan diterapkan dalam memberikan hukuman kepada Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab, namun mereka juga tidak ingin mengembalikan atribut.

Ketua Bidang Koordinasi Relawan Satgas Covid-19 Andre Rahadian mengatakan, itu seperti rompi dan tanda pengenal (ID Card).

“Kami menerima ini sebagai bentuk aspirasi beberapa relawan. Kami menampung aspirasi ini. Tapi, kami yakin dalam hati kecil para relawan mereka tetaplah relawan. Apalagi, selama ini sudah terbukti kerja para relawan mampu membantu warga yang mengalami masa sulit selama wabah corona virus ini,” ungkap Andre di Jakarta, Kamis (19/11/2020). 

Selama ini, lanjut dia, relawan bersama seluruh anggota masyarakat adalah bagian penting dari perubahan perilaku.

“Perubahan perilaku adalah kunci dalam menghambat penyebaran Covid-19 sampai diberikannya vaksin," kata Andre.

Dia juga menjelaskan, keterlibatan para relawan dalam kampanye perubahan perilaku jauh lebih penting, ketimbang membagikan masker tanpa memberikan informasi dan pengertian dalam melaksanakan protokol kesehatan saat ini. 

"Jumlah relawan Covid-19 yang saat ini adalah 34.000 orang," kata dia.

Ia mengimbau agar seluruh relawan dan komponen masyarakat di manapun berada supaya bahu membahu demi saling mengingatkan, dan meningkatkan kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan. 

“Relawan akan terus solid membantu pemerintah menangani Covid-19 sampai ditemukan vaksinnya,” kata Andre. 

Sebelumnya, puluhan relawan melakukan aksi protes di depan Hotel The Media atau Sekretariat Relawan Nasional Satgas COVID-19, Jakarta Pusat, pada Kamis (19/11/2020) siang tadi.

Mereka menggunakan rompi dan Id card relawan Satgas COVID-19. Bahkan, mereka membawa sejumlah poster desakan turunkan Doni Monardo sebagai Ketua Satgas COVID-19 hingga protes denda kerumunan Rizieq hanya Rp50 juta.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00