Prof Wiku: Pandemi Tak Kenal Kata Libur!

KBRN, Jakarta: Memasuki masa libur panjang pada akhir pekan ini, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito meminta kesiapsiagaan seluruh daerah destinasi wisata untuk mengantisipasi terjadinya klaster libur panjang.

"Ingat, pandemi tak mengenal kata libur," tegas Prof. Wiku, seperti dikutip dari website Covid19.go.id, Rabu (28/10/2020).

Wiku menambahkan jumlah kasus sembuh sampai saat ini sebanyak 322.248 orang (81.3 persen), sedikit lebih tinggi dari perolehan kasus sembuh dunia yang mencapai 73.49 persen.

Kasus sembuh di dunia belakangan ini cenderung menurun sedangkan kasus sembuh di Indonesia meningkat. Hal itu perlu dipertahankan.

"Ini kabar baik yang perlu dipertahankan, angka kesembuhan bisa naik terus," ujarnya.

Dalam minggu ini, lanjut Prof. Wiku, perkembangan kasus positif Covid-19 cenderung menurun sebesar 4.5 persen.

Kabar baik berikutnya juga dialami oleh tiga provinsi, yang pekan ini mampu menekan angka penambahan kasus positif mingguan, yakni Provinsi Sumatera Barat, Sulawesi Tengah, dan Nusa Tenggara Barat.

Sebaliknya, pemerintah mengingatkan kepada lima provinsi yang mengalami lonjakan penambahan kasus tertinggi. Dengan perincian Jawa Barat naik 627 kasus, Banten 345 kasus, Kepulauan Riau naik 238 kasus, Riau naik 234 kasus, dan Jawa Tengah naik 184 kasus.

"Kami melihat trend dari yang sebelumnya mengalami kebaikan yang terjadi, namun daerah ini menjadi lengah. Kami mohon perhatiannya bagi daerah-daerah yang masih masuk lima besar agar melakukan evaluasi protokol kesehatan di masyarakatnya," demikian Prof. Wiku. (Foto: Istimewa)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00