Vaksin Covid-19 Akan Diberikan ke Orang Sehat

Vaksin virus Corona dari Sinovac (Dok. Istimewa/BBC)

KBRN, Jakarta: Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, salah satu kriteria penerima vaksin Covid-19 adalah mereka yang sehat atau belum terinfeksi untuk melindungi dirinya.

"Vaksinasi diberikan terutama pada orang-orang yang sehat dan belum pernah terinfeksi. Tentang nanti seperti apa selanjutnya, dari hasil uji klinisnya kita akan tahu lebih jauh," kata Wiku dalam dialog Satgas Penanganan Covid-19 di Graha BNPB Jakarta, Senin (19/10/2020).

Wiku menyampaikan, vaksinasi juga diberikan kepada orang-orang yang memiliki risiko tinggi untuk tertular, sehingga perlu diberikan vaksin terlebih dahulu. 

"Salah satunya adalah tenaga kesehatan, para dokter, perawat, karena mereka setiap hari berinteraksi dengan pasien yang menderita Covid," tuturnya.

Adapun efektivitas vaksin, kata Wiku, akan diketahui setelah seluruh tahapan uji klinis telah lengkap dan hasilnya aman.

Sementara itu, Corporate Secretary PT Bio Farma (Persero) Bambang Herianto mengatakan, saat ini Bio Farma tengah melakukan uji klinis tahap III bagi vaksin Covid-19 buatan Sinovac.

Dengan harapan, vaksin sudah dapat digunakan di Indonesia mulai bulan Januari 2021.

"Jadi nanti mudah-mudahan ini akan selesai di awal Januari 2021, sehingga laporan untuk uji klinis bisa digunakan untuk mendapatkan emergency use authorization dari reguler kita yaitu Badan POM," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00