Ini Syarat Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19

Petugas kesehatan menunjukan vaksin saat simulasi uji klinis vaksin COVID-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020). Simulasi tersebut dilakukan untuk melihat kesiapan tenaga medis dalam penanganan dan pengujian klinis tahap III vaksin COVID-19 produksi Sinovac kepada 1.620 relawan. (Antara Foto/M Agung Rajasa/nz)

KBRN, Jakarta: Uji klinis calon vaksin Covid-19 yang dikembangkan Sinovac, Universitas Padjadjaran dan Biofarma hanya dapat dilakukan warga yang berdomisili di Bandung Raya, Jawa Barat saja. 

Juru Bicara Kementerian BUMN Arya Sinulingga mengatakan, relawan dilarang meninggalkan Bandung hingga masa uji klinis selesai.

"Terkait uji klinis calon vaksin, ada berbagai persyaratan untuk menjadi relawan uji klinis calon vaksin Covid-19, salah satunya adalah keharusan domisili di Bandung raya dan larangan meninggalkan wilayah penelitian hingga penelitian selesai," ujar Arya Sinulingga dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu malam (8/8/2020).

Saat ini, kata Arya, tim peneliti masih mengumpulkan relawan dalam melakukan uji klinis yang merupakan fase ketiga ini.

"Warga Bandung Raya yang memenuhi kriteria dapat berpartisipasi dan menjadi bagian dari perjalanan bersejarah hadirnya vaksin yang sangat diharapkan kehadirannya di bumi pertiwi ini," ucap Arya.

Sebelumnya, Menteri BUMN dan Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Erick Thohir optimistis uji klinis vaksin Sinovac fase tiga dapat berjalan dengan baik. 

"Uji klinis ketiga kalau ini benar semua, Januari-Februari 2021 kami bisa mulai menyuntikkan sampai kurang lebih 30-40 juta vaksin," ujarnya di Jakarta, Jumat (7/8/2020).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00