HUT Ke-77 RI, Kemenkes Komit Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

Arsip Foto-Tangkapan layar Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono dalam konferensi pers daring peluncuran aplikasi

KBRN, Jakarta: Komenterian Kesehatan (Kemenkes) berkomitmen untuk meningkatkan kesehatan masyarakat menjadi lebih baik dalam 77 tahun kemerdekaan Indonesia.

"Kita akan melakukan bermacam hal lagi untuk membantu masyarakat supaya tingkat kesehatan masyarakat menjadi lebih baik," kata Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono dalam perbincangan dengan Pro 3 RRI, Rabu (17/8/2022) malam,

Ia memastikan pemerintah tidak pernah tinggal diam untuk melakukan inovasi akselerasi  di bidang kesehatan. "Kalau memang ada di bidang kesehatan yang belum bisa kita atasi, akan segera kita atasi," kata dia.

Untuk itu, lanjutnya, Kemenkes akan bekerja sama dengan sejumlah kementerian untuk mengatasi masalah di bidang kesehatan. "Kita akan bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri untuk kesehatan di daerah," kata Dante. 

"Kita akan bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memasukkan kurikulum di dalam program sekolah merdeka," kata dia menambahkan.

Dante juga berkomitmen agar fasilitas kesehatan dapat menjangkau masyarakat sedekat mungkin. Selain itu, ada pelayan kesehatan sekunder, pelayanan di rumah sakit.

"Masyarakat bisa mempunyai rumah sakit yang bisa diandalkan dan dipercaya untuk melakukan rujukan yang tidak bisa dilakukan di pelayanan primer," ujarnya.

Kemudian, kata dia, ada layanan sistem sumber daya manusia (SDM) kesehatan. Hal itu karena kita tahu tidak semua dokter ada di semua Puskesmas di Indonesia. "Ini distribusi dokter belum merata di Jakarta numpuk banyak dokter," kata Dante

Pihaknya juga akan melakukan transformasi pembiayaan kesehatan. "Ini meliputi bagaimana supaya biaya kesehatan bisa semurah mungkin dan seefektif mungkin," ucapnya.

Selain itu, pihaknya akan melakukan transformasi ketahanan kesehatan. "Kita tahu bahwa di Indonesia itu bahan baku obat masih impor sehingga harga obat relatif lebih mahal dibandingkan beberapa negara," ujarnya.

Dalam 77 tahun kemerdekaan Indonesia, Dante berharap akan tercipta genereasi cemerlang di bidang kesehatan.

"Mudah-mudahan Indonesia lebih sehat, lebih kuat dan mempunyai generasi-generasi cemerlang di bidang kesehatan di masa yang akan datang," ujarnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar