MPR Minta Kementan Percepat Distribusi Vaksin PMK

Petugas Dinas Peternakan Sedang Cek Kondisi Sapi. Foto: ( Dok. Antara )

KBRN, Jakarta: Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta Kementerian Pertanian (Kementan) mempercepat distribusi vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap hewan ternak. 

Pasalnya, terang pria yang akrab disapa Bamsoet ini, capaian vaksinasi PMK terhadap ternak masih sangat rendah, sehingga hal itu membuat gelisah peternak dan masyarakat jelang hari raya Iduladha. 

"Tambah pengadaan dosis vaksin PMK sehingga pelaksanaan vaksinasi PMK dapat dilakukan secara merata ke seluruh daerah yang sudah terpapar PMK," kata Bamsoet kepada wartawan, Rabu (22/6/2022). 

"Mengingat, jumlah dosis vaksin saat ini masih kurang untuk mengejar kekebalan kelompok," tambahnya. 

Lebih jauh, Politisi Golkar ini mengharapkan, Kementan melakukan percepatan distribusi vaksin dilakukan dengan mengutamakan daerah prioritas yang terkena wabah cukup parah.

"Perlu pola koordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk dapat mendata jumlah populasi ternak, khususnya sapi di Indonesia agar pengadaan vaksin PMK disesuaikan dengan jumlah populasi ternak yang ada, paling tidak 70 persen," jelasnya. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada para menterinya segera menangani PMK secara baik. Penanganan tersebut katanya harus seperti saat menangani pandemi Covid-19.

Jokowi menjelaskan, alasannya ingin wabah PMK ditangani dengan penanganan Covid-19, karena cukup ampuh diterapkan khususnya di Indonesia. 

"Mengenai penyakit mulut dan kuku. Betul-betul harus ditangani dengan baik seperti menangani covid kemarin," ujar Jokowi Senin (20/6/2022). 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar