Aktivitas Masyarakat Meningkat Penyebab Kasus Covid-19 Naik

Situasi Penumpang KRL di Stasiun Manggarai. Foto: ( Dok. Antara )

KBRN, Jakarta: Kasus positif covid-19 harian kembali menyentuh angka 1.000 orang per hari. Terkait hal ini, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, menegaskan lonjakan kasus tak bisa dihindari sejalan dengan meningkatnya aktivitas warga.

"Perlu disadari meningkatnya kasus covid-19 tidak bisa kita hindari sejalan dengan meningkatnya aktivitas masyarakat," kata Wiku kepada wartawan, Rabu (22/6/2022).

Wiku menilai, varian apapun yang menyebabkan lonjakan kasus seperti BA.4 dan BA.5 bisa dihadapi dengan protokol kesehatan.

"Perlu diingat apa pun variannya, dengan menerapkan disiplin protokol kesehatan dan menjalankan pola hidup bersih dan sehat kita akan terhindar dari virus apa pun, di mana pun," ujar Wiku. 

Selanjutnya, kata Wiku, pemerintah selalu memonitor dan menekan penularan yang terjadi di masyarakat. Termasuk dengan terus mengingatkan protokol kesehatan dalam kegiatan berskala besar.

"Ini sebagai upaya kegiatan yang diselenggarakan dapat berjalan dengan lancar aman dan kondusif," pungkasnya. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara mengenai kasus harian covid-19 di Tanah Air yang terus meningkat dalam beberapa hari terakhir. Jokowi telah mengingatkan agar masyarakat waspada.Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat memberikan keterangan pers, seperti dikutip laman Sekretariat Presiden, Senin (20/6/2022). Jokowi berharap, kenaikan kasus covid-19 tidak terus terjadi dalam beberapa hari ke depan.

"Sejak awal, meskipun belum naik, dulu kan saya sudah ngomong, enggak sekali, dua kali, tiga kali, waspada, waspada baik oleh Omicron maupun BA.4 dan BA.5," kata Jokowi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar