Menkes: Negara ASEAN Sigap Hadapi Tantangan Kesehatan

Menkes Budi Gunadi Sadikin memberikan keterangan pers usai Rapat Terbatas di Jakarta. (Foto: Humas Setkab).

KBRN, Jakarta: Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) sigap menghadapi tantangan kesehatan di masa depan. Hal itu dikatakan Budi dalam Persidangan World Health Assembly ke-75 (WHA75) di Jenewa, Swiss.

"Indonesia menyampaikan upaya ASEAN untuk siap dan tanggap dalam menghadapi persoalan kesehatan baik di situasi damai maupun kedaruratan kesehatan,” kata Budi kepada wartawan, Rabu (25/5/2022). 

Budi menerangkan, ASEAN berupaya menjalin koordinasi dan kemitraan strategis. Baik di level regional, internasional, maupun aktor global lainnya seperti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan G20.

"Ini dalam rangka membangun komunitas ASEAN menuju masyarakat yang sehat, peduli, dan berkelanjutan," papar mantan Wakil Menteri BUMN itu.

Dia menyampaikan, sejumlah kesepakatan di ASEAN terkait kesehatan. Kesepakatan itu berdasarkan pertemuan menkes se-ASEAN di Bali pada 14 Mei hingga 15 Mei 2022.

"Kami menyepakati mekanisme verifikasi universal sertifikat covid-19 serta pembentukan dan operasionalisasi ASEAN Centre for Public Health Emergencies and Emerging Disease," tuturnya. 

Selain itu, menkes se-ASEAN satu suara ihwal optimalisasi analisis big data regional dan platform berbagi data genome sequencing global. Selanjutnya, yakni implementasi protokol kesehatan ASEAN dan memperkuat akses ke vaksin, terapi, dan diagnostik (VTD).

"Termasuk pasokan medis penting lainnya serta mengejar pelaksanaan ASEAN Post-2015 Health Development Agenda," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar