Cacar Monyet Dapat Menular Lewat Droplet

Ilustrasi Virus Monkeypox atau Cacar Monyet. Foto: Newscientist

KBRN, Jakarta: Kementerian Kesehatan RI mengungkapkan cara penularan penyakit cacar monyet di antaranya melalui udara atau cipratan droplet.

"Memang ada juga disinyalir penyebaran melalui droplet walaupun sedikit, sekitar 18 persen, tentu saja ini menjadi catatan bagi kita untuk harus berhati-hati," ungkap juru bicara Kemenkes RI dr Mohammad Syahril saat konferensi pers secara virtual, Selasa (24/5/2022). 

Ia menyebut, cacar ada di lendir hidung atau daerah mulut sehingga saat bersin ada dalam droplet.

"Cacar itu ada di mukosa-mukosa atau lendir di hidung atau daerah mulut sehingga kita bersin atau batuk pasien yang menderita cacar monyet itu akan dalam droplet tersebut," pungkasnya.

Menurutnya, cacar monyet paling banyak menular melalui kontak erat dan sentuhan langsung, baik dengan manusia yang sedang sakit cacar monyet, atau dengan hewan monyet yang terpapar virus tersebut. Sentuhan dengan benda yang terpapar juga bisa menjadi cara penularan cacar monyet

"Penyebab utama itu mulai kontak langsung, kontak erat dengan penderita atau hewan monyet yang sedang infeksi juga. Jadi kita memegangnya, kemudian kita juga menyentuh alat-alat sekitarnya, itu penyebaran utama," ungkapnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar