Alasan Pemerintah Longgarkan Penggunaan Masker

Alasan kebijakan pemerintah melonggarkan penggunaan masker di luar ruangan diambil berdasarkan berbagai pertimbangan. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/rwa.

KBRN, Jakarta: Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Reisa Brotoasmoro mengatakan kebijakan pemerintah melonggarkan penggunaan masker di luar ruangan diambil berdasarkan berbagai pertimbangan.

“Situasi semakin membaik, ada indikator dari situasi pandemi kemarin menuju situasi endemi, beberapa indikator ini sudah terpenuhi,” ungkapnya dalam siaran sehat, Senin (23/5/2022).

Menurutnya indikator yang pertama adalah jumlah kasus konfirmasi positif ternyata tidak mengalami kenaikan yang signifikan pasca mudik Lebaran.

“Pasca libur kemarin tidak mengalami kenaikan, kalau bandingkan dengan tahun lalu selalu ada kenaikan kasus, pasca tahun 2020 lalu ada varian Delta, semoga tidak ada lagi varian baru yang meningkatkan kasus,” tukasnya.

Kedua, terkait positivity rate (proporsi orang positif dari keseluruhan orang yang dites) angkanya di bawah tiga persen.

“Ketiga keterisian rumah sakit di bawah lima persen, angka kematian di bawah tiga persen, dan tingkat imunitas masyarakat cukup baik,” katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar