Ragam Bahan Alami untuk Memutihkan Gigi

Ilustrasi Cara memutihkan gigi secara alami dan praktis (Foto: Shutterstock)

KBRN, Jakarta: Memiliki gigi yang bersih tentu menjadi imipian banyak orang, termasuk para penyuka kopi dan rokok.

Mereka yang memiliki hobi itu biasanya memiliki gigi kuning dan jarang terawat. Namun kali ini, merawat gigi kuning agar putih tidak perlu mahal-mahal ke dokter.

Anda cukup membuat ramuan alami menggunakan berbagai jenis bahan yang terdapat di sekitar. Berikut ini bahan yang bisa digunakan untuk memutihkan gigi, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Wortel

Wortel penuh dengan manfaat, salah satunya membantu dalam menghilangkan plak di gigi. Anda bisa konsumsi wortel secara langsung, atau menggosokkan batang wortel pada gigi.

Ini akan membantu gigi lebih putih dan menjaga gusi tetap sehat. Selain wortel, apel dan seledri juga bisa menjadi pilihan alami lainnya.

2. Kulit Pisang

Buah ini kaya dengan kandungan nutrisi. Anda bisa gunakan kulit pisang sebagai bahan alami untuk memutihkan gigi. Kandungan potasium, mangan dan magnesium di dalamnya baik untuk gigi. Caranya, gosokkan kulit pisang ke gigi sekitar 1 atau 2 menit dan lakukan cara ini dua kali sehari ya.

3. Stroberi

Bahan alami lainnya, cobalah juga gunakan buah stroberi. Cara membuat ramuan pembersih gigi dengan buah ini juga tidak kalah mudahnya yakni dengan haluskan stroberi dan oleskan merata ke gigi.

Tunggu pasta ini di gigi selama 2 hingga 3 menit. Lalu bersihkan gigi setelahnya, atau anda bisa juga lanjutkan dengan menyikat gigi. Asam malat dalam buah ini bisa membantu memutihkan gigi. Sedangkan serat yang terkandung di dalamnya bertindak dalam membersihkan gigi.

4. Air Rebusan Serai

Selanjutnya, karang gigi akan rontok dengan sendirinya apabila anda mau berkumur dengan air rebusan serai.

Pasalnya, serai membantu menghilangkan lapisan atau film yang dibentuk oleh bakteri untuk mencegah pembentukan karang gigi, serta menghilangkan karang gigi yang ada.

Hal ini didukung dengan fakta dari sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Global Journal of Medical Research, yang menyebut bahwa serai adalah salah satu tanaman herbal yang paling efektif dalam menghilangkan karang gigi.

5. Baking Soda

Baking soda memiliki khasiat pemutih alami, sehingga sering dijadikan bahan dalam produk pasta gigi. Bahan kue ini memiliki sifat abrasif ringan, yang dapat membantu menghilangkan noda di permukaan gigi.

Selain itu, baking soda juga dapat menciptakan lingkungan basa di mulut, yang mencegah pertumbuhan bakteri. Namun, cara memutihkan gigi dengan baking soda butuh proses, dan tidak akan langsung terlihat hasilnya dalam semalam.*

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar