Rekomendasi Olahraga untuk Pengidap Asma

Anggota komunitas melakukan gerakan yoga saat mengikuti senam yoga bersama di luar ruangan. ANTARA FOTO/Siswowidodo/foc.

KBRN, Jakarta: Bagi Anda pengidap asma kerap kali menghindari olahraga karena dianggap membuat sesak napas. 

Namun, ada jenis olahraga yang aman untuk pengidap asma.

1.  Berjalan Kaki

Berjalan kaki adalah olahraga untuk pengidap asma yang paling ringan yang bisa dilakukan.

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang dewasa yang berjalan tiga kali seminggu selama 12 minggu dapat meningkatkan stamina dan membuat tubuh tetap bugar tanpa risiko asma kambuh.

Anda dapat meluangkan waktu selama 30 menit sehari untuk berjalan kaki, misalnya berjalan kaki di taman atau untuk menuju ke tempat-tempat yang dekat.

2.  Berenang

Olahraga air ini juga dianjurkan untuk pengidap asma, karena dapat melatih sistem pernapasan, memperbaiki kerja otot pernapasan, dan meningkatkan toleransi terhadap tindakan yang bisa memicu serangan asma.

Selain itu, berenang juga dapat melonggarkan lendir yang terkumpul di paru-paru.

Namun sebaiknya hindari berenang di kolam berkaporit karena dapat memicu serangan asma.

3.  Yoga

Latihan pernapasan sangat penting dilakukan oleh pengidap asma karena dapat mengaktifkan lebih banyak area di paru-paru.

Oleh karena itu, yoga adalah salah satu olahraga yang juga disarankan untuk pengidap asma.

Menurut sebuah studi, orang yang berlatih hatha yoga selama dua setengah jam per minggu selama 10 minggu, dapat mengurangi ketergantungannya pada obat asma.

4.  Senam Aerobic

Gerakan-gerakan yang sederhana dari senam aerobic aman untuk dilakukan oleh pengidap asma.

Selain dapat meningkatan stamina dengan melatih otot-otot, senam juga sangat baik untuk melancarkan pernapasan.

Sebaiknya lakukan pemanasan terlabih dahulu sebelum senam dan pendinginan sesudah selesai.

Jangan langsung melakukan senam selama satu jam penuh, tanpa beristirahat.

Namun, lakukan secara bertahap, mulai dari 20 menit pertama, 40 menit, dan 60 menit.

5.  Golf

Ternyata dengan mengayunkan tangan lalu berjalan ke tee berikutnya saat bermain golf, gejala asma dapat berkurang.

Bermain golf juga mudah dilakukan dan tidak terlalu berat bagi pengidap asma.

Namun, hati-hati bagi yang juga memiliki alergi terhadap serbuk sari.

6.  Bersepeda

Selain menyenangkan dan menyegarkan, bersepeda bermanfaat untuk melatih kekuatan otot jantung dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Jika tidak dilakukan secara berlebihan, bersepeda aman untuk dilakukan oleh pengidap asma.

(Dari Berbagai Sumber)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar