Masyarakat Diminta Tetap Waspada di Masa Pelonggaran

Ilustrasi pekerja Ibu Kota beraktivitas di luar ruangan. (Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

KBRN, Jakarta: Satgas (Satuan Tugas) Penanganan Covid-19 meminta masyarakat untuk senantiasa waspada dalam beraktivitas di masa pelonggaran penggunaan masker di luar ruangan.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, mengingatkan, masyarakat untuk terus menerapkan kebiasaan disiplin protokol kesehatan meski terdapat pelonggaran.

"Maka diharapkan masyarakat sebisa mungkin dapat mempertahankan kebiasaan positif tersebut demi melindungi diri sendiri dan orang lain di masa pandemi Covid-19 ini," kata Wiku dalam Keterangan Pers Perkembangan Penanganan Covid-19 secara virtual, Selasa (18/5/2022).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker.

Langkah ini diambil pemerintah, setelah melihat penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia yang semakin terkendali.

"Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker. Namun, untuk kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik tetap harus menggunakan masker," kata Presiden dalam pernyataan pers terkait pelonggaran penggunakan masker, dari Istana Bogor, Selasa (17/5/2022).

Meski demikian, Kepala Negara menyarankan masyarakat yang masuk ke dalam katergori rentan (lansia dan komorbid) untuk tetap menggunakan masker. Begitu juga dengan masyarakat yang sedang sakit. Terlebih jika ada gejala batuk dan pilek.

Selain itu, Presiden menyebut, bagi para pelaku perjalanan dalam negeri dan luar negeri yang sudah mendapatkan dosis vaksinasi lengkap, sudah tidak perlu lagi untuk melakukan tes Swab PCR maupun Antigen.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar