Kenali Gejala Penyakit Kista Ovarium

Ilustrasi gejala Penyakit Kista Ovarium (Foto: istimewa)

KBRN, Jakarta: Penyakit kista ovarium sangat membahayakan bagi seorang wanita.

Kista ovarium sendiri merupakan kantong berisi cairan yang tumbuh pada indung telur (ovarium) wanita. Penyakit ini biasanya muncul selama masa subur atau selama wanita mengalami menstruasi. 

Selain itu, tidak sedikit wanita yang memiliki gangguan pada organ reproduksi. Hal tersebut tentu saja banyak membuat para wanita merasa khawatir akan kesehatan dan kesuburannya. 

Penyakit kista ovarium merupakan permasalahan umum dan banyak penderitanya yang tidak merasakan keluhan. Meski begitu, ada beberapa gejala khas yang harus di waspadai. 

Berikut rangkumannya yang dilansir dari berbagai sumber, di antaranya:  

1. Nyeri saat berhubungan intim 

Apakah anda kerap merasakan nyeri ketika sedang berhubungan intim? Jika iya, hal tersebut harus diwaspadai. Rasa nyeri saat berhubungan intim atau bisa juga disebut sebagai dyspareunia ini dapat menjadi tanda bahwa anda memiliki kista pada bagian ovarium. 

Jika anda terus merasakan nyeri hingga selesai berhubungan intim, jangan anggap sepele dan segera lakukan konsultasi dengan ahlinya. 

2. Frekuensi buang air kecil meningkat 

Ukuran kista yang membesar dapat menekan posisi kandung kemih sehingga frekuensi buang air kecil apat meningkat dan kamu akan merasakan sensasi seperti ingin buang air kecil secara terus-menerus. 

3. Nyeri panggul 

Pada umumnya, kista pada ovarium akan memiliki ukuran yang kecil dan dapat menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan. Namun, pada sebagian kasus, kista dapat membesar dan menyebabkan rasa sakit pada area panggul atau kembung pada bagian perut bawah. 

Rasa nyeri dapat menjalar hingga ke bagian bawah punggung dan paha. Jika rasa nyeri tersebut semakin mengganggu, segera lakukan konsultasi dengan dokter ya moms.

4. Siklus haid tidak teratur 

Siklus haid yang tak teratur dapat mencerminkan bagaimana kondisi tubuh anda, salah satunya dapat menjadi tanda bahwa kamu memiliki kista pada bagian ovarium. Jika kamu mengalami hal tersebut, jangan anggap sepele dan segera lakukan pemeriksaan dengan dokter.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar