Cara Kembalikan Pola Makan Pascalebaran

Ilustrasi Pola Makan (foto: freepik)

KBRN, Jakarta: Mengembalikan pola makan yang baik pascalebaran sangatlah penting, karena saat lebaran, biasanya orang banyak mengkonsumsi makanan.

Sebab, jika tidak, badan akan semakin gemuk. Hal itu tentu akan berpengaruh pada kesehatan nantinya.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini tips untuk mengembalikan pola makan sehat, usai lebaran:

1. Perhatikan konsumsi gula, garam, dan minyak

Anda harus membatasi konsumsi gula, garam, minyak, serta rajin memantau berat badan. Selain itu, cek kesehatan secara rutin, istirahat yang cukup, dan kelola stres dengan baik.

2. Prinsip diet

Ikuti pola makan sehat 4J yakni Jumlah, Jadwal, Jenis, dan Jurus Masak.

Jumlah yang cukup dan diet seimbang sesuai kebutuhan, jadwal yang teratur agar proses metabolisme terjaga dengan baik, serta jurus memasak yang sehat dengan memilih pengolahan bervariasi.

Seperti halnya kukus, rebus, panggang, pepes daripada menggoreng. Menggoreng sebaiknya maksimal dua kali seminggu.

3. Pemilihan jenis makanan

Pastikan semua zat gizi makronutrien (karbohidrat, protein atau lemak), mikronutrien (vitamin mineral) dan cairan harian terpenuhi.

Pilih karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum atau oatmeal. Pilih lemak dari sumber lemak baik, dan kurangi lemak jenuh seperti gorengan atau junk food. Perhatikan juga asupan serat yang didapatkan dari sayur dan buah-buahan.

4. Pemenuhan cairan

Pastikan minum air sebanyak dua liter atau delapan gelas sehari. Minimalisir minuman manis, bersoda dan yang mengandung kafein secara berlebihan, seperti kopi, karena menyebabkan lebih sering buang air kecil dan dapat menghambat penyerapan kalsium.

5. Aktivitas dan latihan fisik

Target olahraga sebaiknya tiga sampai lima kali seminggu. Mulai lah dengan olahraga yang ringan hingga sedang seperti jalan kaki di sekitar rumah untuk melenturkan otot-otot yang telah lama tidak dilatih, baru kemudian atur jadwal olahraga sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar