FOKUS: #CORONA

Tangerang Selatan Sehari 97 Kasus Covid-19

Ilustrasi / Petugas kesehatan melakukan tes usap PCR kepada warga di Pasar Anyar, Kota Tangerang, Banten, Rabu (5/1/2022). Pemerintah Kota Tangerang melakukan tes usap PCR kepada masyarakat dengan target 2.000 orang per hari guna mengantisipasi penyebaran COVID-19 varian Omicron karena Kota Tangerang menjadi kota perlintasan bagi penumpang internasional Bandara Soekarno-Hatta. ANTARA FOTO/Fauzan

KBRN, Tangerang: Kasus Covid-19 varian Omicron meledak di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dalam satu hari mencapai 97 kasus. 

"Jadi 97 kasus itu adalah pertama karena kita terus melakukan testing dan tracing, didapatkanlah beberapa data dari testing dan tracing. Ada juga beberapa yang memang melakukan tes di tempat lain yang memang mereka kasusnya adalah kontak erat," ungkap Alin Hendalin Mahdaniar, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel kepada RRI.co.id, Jumat (21/1/2022). 

Kemudian, sambung Alin, ada beberapa kasus yang memang bekerja di luar Kota Tangsel.

Mereka melakukan tes di tempat kerja mereka dan akhirnya dinyatakan positif.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Alin Hendalin Mahdaniar

"Datanya kan tentunya masuk ke alamat KTP (Tangsel, Red) kan. Kemudian dari situ kami melakukan tracing. Dari beberapa tracing ada yang memang positif, jadi memang rata-rata sekarang yang positif tertular dari keluarga. Jadi transmisi lokal," kata Alin. 

Alin lanjut menuturkan, dari 97 kasus yang teranyar ini adalah Omicron, karena memang cepat penularannya.

"Kita anggap saja ini Omicron deh, semua orang tidak diperiksa WGS, sekarang ini dengan pola yang tadi saya bilang cepat naiknya, tinggi, ini kemungkinan Omicron. Jadi Omicron ini sifatnya karena penyebarannya cepat kasusnya pasti akan tinggi dan tiba-tiba naik," paparnya. 

"Karena sekarang ini kalau kita melihat polanya bahwa angka setiap harinya tinggi penularan cepat ini sudah ciri-ciri Omicron," sambung Alin. 

Dengan bertambahnya 97 kasus Covid-19 varian Omicron, dengan demikian, total kasus Covid-19 di Kota Tangsel berjumlah 31.765 kasus. 

Sementara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Tangerang Selatan mengonfirmasi pasien sembuh bertambah 16 orang, sehingga secara kumulatif ada 30.616 orang di antaranya sudah sembuh. 

Sementara itu, pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang dilaporkan meninggal dunia 734 orang dan yang masih dalam perawatan sebanyak 415 orang. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar