FOKUS: #CORONA

Enam Warga Kota Bandung Terkonfirmasi Omicron

Ilustrasi / Kemenkes memprediksi puncak penyebaran kasus COVID-19 varian Omicron akan terjadi pada awal atau pertengahan Februari 2022. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

KBRN, Bandung: Enam orang warga yang berdomisili di Kota Bandung positif terkonfirmasi Covid-19 varian Omicron usai dilakukan whole genome sequensing (WGS) di laboratorium Provinsi Jawa Barat.

Empat orang dirawat di rumah sakit karena bergejala dan dua orang lainnya bergejala ringan menjalani isolasi mandiri. 

Rosye Arosdiana (Atep/RRI)

"Ada enam (terkonfirmasi Omicron), hasil WGS, masih tercatat KTP Kota Bandung," ujar Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Bandung Rosye Arosdiani, seperti dikutip RRI.co.id, Rabu (19/01/2022). 

Ia menuturkan, pihaknya sudah selesai memeriksa pasien dengan menggunakan teknik WGS dan belum mengirimkan kembali sampel lainnya.

Mereka yang positif Omicron juga dipastikan merupakan penduduk Kota Bandung. 

"Empat orang (dirawat) di rumah sakit karena bergejala, sekarang sudah perbaikan sedang proses pindah ke tempat isolasi terpadu untuk menyelesaikan isolasinya. Kemudian yang dua orang lagi memang di tempat isolasi karena gejala ringan," paparnya. 

Rosye menduga penyebaran Covid-19 varian Omicron berasal dari transmisi lokal dan masih melacak kemungkinan pasien terpapar dari mana.

Pihaknya melakukan tes WGS kepada enam pasien tersebut karena mencurigai kondisi CT pasien rendah dan memiliki komorbid. 

"Nah yang empat orang itu sebetulnya WGS. Kenapa di-WGS? Karena dengan komorbid," katanya. 

Rosye menambahkan, pasien tersebut akan menjalani karantina selama 14 hari ke depan serta melaksanakan protokol kesehatan dengan disiplin.

"Mengingatkan masyarakat untuk lebih menerapkan protokol kesehatan dengan baik," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar