FOKUS: #VAKSIN COVID

Pimpinan MPR Apresiasi Jokowi, Ini Penyebabnya

Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani / Dok. Humas MPR

KBRN, Jakarta: Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani mengapresiasi kebijakan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang telah menggratiskan booster vaksin Covid-19 untuk masyarakat Indonesia. 

"Untuk itu keputusan pemerintah menggratiskan vaksin booster adalah tepat, kita harus apresiasi," tegas Muzani, ditulis Senin (17/1/2022). 

Sebab menurut Muzani yang juga Sekjen Partai Gerindra ini, kesehatan masyarakat adalah syarat utama agar bangsa Indonesia menjadi semakin kuat. 

Kesehatan masyarakat, lanjut dia, juga menjadi syarat agar perekonomian Indonesia kuat. 

"Tidak ada negara kuat kalau rakyatnya sakit. Kalau kita sakit, kita nggak bisa dagang, anak-anak kita tidak bisa sekolah, aktivitas kita terganggu," papar Muzani. 

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan, mulai tanggal 12 Januari 2022, pemerintah akan melaksanakan vaksinasi ketiga. Vaksin dosis ketiga ini diberikan secara gratis tanpa dipungut biaya.

"Untuk itu saya telah memutuskan, pemberian vaksin dosis ketiga ini gratis bagi seluruh rakyat Indonesia, karena sekali lagi saya tegaskan, keselamatan rakyat adalah yang utama," jelas Jokowi. 

Kepala Negara menjelaskan, penerima dosis ketiga untuk sementara waktu adalah lansia dan kelompok rentan yang sudah disuntik vaksin Covid-19 dosis kedua lebih dari enam bulan lalu.   "Adapun syarat dan ketentuan yang dibutuhkan untuk menerima vaksinasi dosis ketiga adalah calon penerima sudah menerima vaksin Covid-19 dosis kedua lebih dari enam bulan sebelumnya," ungkap Jokowi. 

Jokowi pun mengingatkan, meski sudah menerima vaksin dosis ketiga, penerapan protokol kesehatan tetap tidak boleh longgar. hal itu dikarenakan virus Corona yang masih ada dan terus bermutasi menjadi beragam varian.  

"Meski sudah divaksin, saya ingatkan masyarakat untuk tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Karena vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan merupakan kunci dalam mengatasi pandemi Covid-19," pungkas Jokowi.    

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar