Pengin Langsing? Kunyahlah Makanan yang Lama

(Unsplash)

KBRN, Tokyo: Saat makan, orangtua-orangtua kita dulu selalu memberikan nasihat bijaksana: kunyahlah makanan dengan benar. Ini kebiasaan makan yang sehat karena makan perlahan dan mengunyah menyeluruh membantu mencegah obesitas dan penambahan berat badan.

Pandangan populer seabad yang lalu ini kemudian diuji dalam studi ilmiah sporadis. Biasanya, proses mengunyah dilaporkan meningkatkan pengeluaran energi yang terkait dengan metabolisme makanan dan meningkatkan motilitas usus - semuanya menyimpulkan peningkatan panas dalam tubuh setelah menerima asupan makanan, yang dikenal sebagai termogenesis yang diinduksi diet (DIT). Namun, seberapa lama mengunyah menginduksi DIT dalam tubuh masih belum jelas. 

Dr. Yuka Hamada dan Profesor Naoyuki Hayashi dari Universitas Waseda, Jepang, menerbitkan sebuah penelitian yang memberikan hubungan sebab akibat antara mengunyah dan DIT. Studi ini telah diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports.

DIT, juga dikenal sebagai efek termis dari mengonsumsi makanan, meningkatkan pengeluaran energi di atas tingkat puasa basal - faktor yang diketahui mencegah penambahan berat badan. Sebelumnya, tim menemukan bahwa makan lambat dan mengunyah secara menyeluruh tidak hanya meningkatkan DIT tetapi juga meningkatkan sirkulasi darah di daerah splanknik perut. 

Meskipun penelitian ini menghubungkan DIT yang dipicu mengunyah dengan peningkatan pencernaan dan aktivitas terkait penyerapan di perut, mereka membuka cakupan beberapa poin penting untuk dieksplorasi lebih lanjut, seperti dikutip dari Waseda University, Jumat (14/1/2022). 

Hayashi menjelaskan, "Kami tidak yakin apakah ukuran bolus makanan yang masuk ke saluran pencernaan berkontribusi pada peningkatan DIT yang diamati setelah makan lambat. Juga, apakah rangsangan oral yang dihasilkan selama mengunyah makanan dalam waktu lama berperan dalam meningkatkan DIT? Untuk menentukan mengunyah perlahan sebagai strategi manajemen berat badan yang efektif dan ilmiah, kami perlu melihat lebih dalam aspek-aspek ini."

Untuk menemukan jawabannya, para peneliti merancang studi baru mereka untuk mengecualikan efek bolus makanan dengan melibatkan makanan cair. Seluruh penelitian mencakup tiga percobaan yang dilakukan pada hari yang berbeda. Dalam uji coba kontrol, mereka meminta para sukarelawan untuk menelan makanan uji cair 20 ml secara normal setiap 30 detik. Dalam percobaan kedua, para sukarelawan menyimpan makanan uji yang sama di mulut mereka selama 30 detik tanpa mengunyah, sehingga memungkinkan pengecapan yang lama sebelum menelan. Terakhir, dalam percobaan ketiga mereka mempelajari efek mengunyah dan mencicipi; para sukarelawan mengunyah makanan uji 20 ml selama 30 detik dengan frekuensi satu kali per detik dan kemudian menelannya. Variabel-variabel seperti rasa lapar dan kenyang, variabel pertukaran gas, DIT, dan sirkulasi splanknik harus diukur sebelum dan sesudah konsumsi minuman-tes.

Hasil penelitian yang dirancang dengan baik ini ternyata cukup berwawasan luas. Tidak ada perbedaan dalam skor rasa lapar dan kenyang di antara uji coba. Namun, seperti yang dijelaskan Hayashi, "Kami menemukan DIT atau produksi energi meningkat setelah mengonsumsi makanan, dan itu meningkat dengan durasi setiap stimulasi rasa dan durasi mengunyah. Ini berarti terlepas dari pengaruh bolus makanan, rangsangan oral, sesuai dengan durasi mencicipi makanan di mulut dan durasi mengunyah, menghasilkan peningkatan DIT."

 Pertukaran gas dan oksidasi protein juga meningkat dengan durasi rangsangan rasa dan pengunyahan, dan begitu pula aliran darah di arteri seliaka splanknikus. Karena arteri ini mensuplai darah ke organ pencernaan, motilitas saluran pencernaan bagian atas juga meningkat sebagai respons terhadap rangsangan oral selama mengunyah.

Studi tersebut menyoroti bahwa mengunyah dengan baik, dengan meningkatkan pengeluaran energi, terbukti dapat membantu mencegah obesitas dan sindrom metabolik. 

Hayashi menyimpulkan, "Sementara perbedaan pengeluaran energi per makanan kecil, efek kumulatif yang dikumpulkan selama beberapa kali makan, diambil alih setiap hari dan 365 hari setahun, adalah substansial."

Didukung oleh ilmu pengetahuan yang kuat, makan perlahan dan mengunyah secara menyeluruh bisa menjadi rekomendasi terbaru untuk diintegrasikan pada upaya mengelola berat badan kita.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar