Sejumlah Protokol Kesehatan Bentengi Bandara Soetta

Bandara Soetta membentengi dengan berbagai macam protokol kesehatan mengantisipasi Covid-19

KBRN, Tangerang : Penerapan protokol kesehatan di Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, diperkuat Biosafety dan Biosecurity Management. 

Hal tersebut bertujuan untuk mencegah kasus impor Covid-19 khusuanya varian baru Omicron masuk ke Indonesia. 

"Biosecurity Management dijalankan untuk melindungi publik dari bahaya Covid-19, sementara Biosafety Management untuk membuat lingkungan tetap sehat," ujar Agus Haryadi, Executive General Manager Bandara Soetta kepada rri.co.id, Jumat (3/12/2021). 

Selain kedua itu, Agus menuturkan, Bandara Soetta juga dilengkapi dengan Airport Health Center sebagai fasilitas tes Covid-19 dan diperkuat dengan adanya laboratorium berstatus Biosafety Lab Level 2 (BSL-2). 

"BSL-2 di bangun dengan luas 158 meter persegi di Terminal 3, yang dilengkapi sejumlah ruangan antara lain ruang ekstraksi dan ruang mixing dengan berbagai perlengkapan seperti BioSafety Cabinet," katanya. 

Menurut Agus, BSL-2 ini memiliki kapasitas pemeriksaan sampel hingga 1.216 sampel per jam atau sekitar 29.184 per hari, di mana keberadaannya mampu memberikan hasil tes PCR sekitar 3 jam setelah sampel diambil di Airport Health Center Bandara Soetta. 

"BSL-2 ini dioperasikan oleh tenaga medis profesional antara lain bersertifikat Ahli Teknologi Laboratorium Medis (ATLM), biosafety officer, dan ahli patologi," jelasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar