FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Orang dengan Gangguan Imunitas Perlu Vaksinasi Keempat

(Medical Xpress)

KBRN, Washington: Orang dengan gangguan imunitas yang parah mungkin memerlukan suntikan virus corona mRNA keempat, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS.

Badan ini tidak memberikan rekomendasi resmi tentang suntikan keempat dalam pedoman yang diperbarui, tetapi mengatakan bahwa orang harus berbicara dengan dokter mereka untuk menentukan apakah hal tersebut diperlukan, seperti dikutip dari Medical Xpress, Rabu (28/10/2021).

Penelitian menunjukkan bahwa suntikan penguat meningkatkan respons antibodi terhadap vaksin pada orang-orang tertentu yang mengalami gangguan sistem kekebalan.

Orang dengan gangguan imunitas sedang hingga parah termasuk mereka yang sedang dalam perawatan karena kanker darah atau tumor, transplantasi organ tertentu dan penerima sel induk, orang dengan HIV lanjut atau tidak diobati, dan mereka yang menggunakan kortikosteroid dosis tinggi atau obat lain yang dapat menekan sistem kekebalan mereka, menurut CDC.

CDC memperkirakan sekitar 9 juta orang Amerika, atau sekitar 2% dari populasi, termasuk dalam kategori ini.

Orang dengan gangguan kekebalan yang mendapat dosis tunggal suntikan Johnson & Johnson harus mendapatkan penguat setidaknya dua bulan setelah vaksin awal mereka. Orang yang memilih vaksin Moderna sebagai penguat, bahkan jika mereka menerima vaksin yang berbeda sebagai dosis pertama, harus mendapatkan suntikan berukuran setengah dosis yang diizinkan sebagai penguat untuk vaksin Moderna, kata CDC dalam rekomendasinya.

Bahkan jika mereka divaksinasi, CDC tetap merekomendasikan orang dengan kondisi yang membahayakan sistem kekebalan mereka harus tetap berusaha menghindari keramaian dan ruangan berventilasi buruk, dan harus mengenakan masker di ruang publik dalam ruangan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00